5 Minuman Sehat Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Refluks Asam Lambung

ADVERTISEMENT

5 Minuman Sehat Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Refluks Asam Lambung

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 06 Okt 2022 11:00 WIB
Minuman sehat untuk penderita asam lambung
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Penderita refluks asam lambung tidak boleh mengonsumsi minuman secara sembarangan. Ada beberapa minuman yang baik dikonsumsi seperti teh jahe dan air kelapa.

Seseorang yang mengalami refluks asam, atau mulas, merasakan sensasi terbakar dan nyeri di tenggorokan dan dada. Jika kamu ingin menghilangkan gejala tanpa usaha atau diet khusus, kamu harus mulai minum lebih banyak air dan mengunyah makanan secara perlahan. Beberapa dokter juga merekomendasikan makan dalam porsi kecil dengan interval waktu yang teratur untuk mencegah refluksasi asam.

Refluks asam terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Gejala refluks asam ini juga bisa menandakan kalau seseorang menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Orang yang menderita refluks asam, baiknya tak sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Dilansir dari The Quint World (27/6/2022), ada beberapa minuman yang baik dikonsumsi untuk menghindari atau mengurangi gejala asam lambung.

Baca Juga: Empuk Juicy! 5 Burger Premium Ini Cocok Buat Makan Siang di Tanggal Muda

Berikut 5 minuman sehat yang baik dikonsumsi penderita refluks asam lambung:

1. Teh Jahe

Minuman sehat untuk penderita asam lambungMinuman sehat untuk penderita asam lambung Foto: Getty Images/iStockphoto

Jahe biasanya digunakan sebagai rempah untuk masakan. Rimpang beraroma tajam dan memiliki sensasi hangat ini juga kerap digunakan sebagai obat alamu. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi berbagai gejala kondisi pencernaan, seperti refluks asam, kembung, dan dispepsia.

Penelitian menunjukkan bahwa jahe mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah dan membantu pengosongan lambung. Jika tekanan ini tidak dikurangi, kemungkinan kegagalan sfingter meningkat, sehingga membuat asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Teh jahe dapat memberikan sensasi hangat dan menenangkan.

Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mudah, yaitu merebus beberapa ruas jahe yang telah dipipihkan sampai mendidih. Lalu, air jahenya disaring dan bisa dikonsumsi. Sebagian orang kerap menambahkan madu.

2. Susu Nabati

Minuman sehat untuk penderita asam lambungMinuman sehat untuk penderita asam lambung Foto: Getty Images/iStockphoto

Orang yang intoleran terhadap laktosa sering mengalami gejala asam lambung setelah mengonsumsi produk susu. Khusus bagi yang intoleran terhadap laktosa, dapat mengganti dengan susu nabati.

Jenis susu nabati yang bisa dikonsumsi adalah susu kedelai, susu oat, susu almond, dan lainnya. Susu nabati ini memiliki kandungan lemak yang lebih rendah daripada kebanyakan produk susu, sehingga menjadikannya pilihan yang lebih aman bagi penderita GERD.

Baca Juga: Ini 5 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Penderita Asam Lambung

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT