Penderita Hipertensi Sebaiknya Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

ADVERTISEMENT

Penderita Hipertensi Sebaiknya Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 05 Okt 2022 07:00 WIB
Teh jahe bisa pengaruhi obat hipertensi
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi harus menerapkan pola makan sehat. Termasuk mengurangi atau menghindari konsumsi 5 makanan ini.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa berdampak pada pembuluh darah arteri tubuh. Tekanan darah tinggi adalah kondisi ketika pembuluh darah menyempit dan membuat hambatan dalam arteri darah.

Bagi mereka yang memiliki hipertensi seperti ini harus mengalami kekuatan ekstra dari darah untuk mendorong dinding arteri. Sehingga jantung pun harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Dalam kondisi seperti ini, gaya hidup sehat perlu untuk diterapkan. Salah satunya dengan memilih makanan secara cermat. Bukan hanya mengonsumsi makanan sehat, tetapi perlu juga menghindari beberapa makanan yang bisa memperburuk keadaan.

Merangkum pinkvilla.com (20/09), berikut 5 jenis makanan yang harus dihindari pada penderita tekanan darah tinggi.

1. Makanan yang Terlalu Asin

Salah satu makanan yang harus dihindari yaitu makanan yang terlalu asin. Faktanya makanan yang mengandung banyak sodium atau garam memang tidak baik bagi kesehatan.

Sodium memiliki kecenderungan untuk meningkatkan tekanan darah. Mungkin sesekali bukan masalah, tetapi jika dikonsumsi berlebihan, tentu akan membahayakan kesehatan tubuh.

Biasanya makanan asin ditemukan pada makanan olahan. Untuk itu, penderita tekanan darah tinggi harus menghindari makanan seperti chiki, keripik, pizza, daging olahan, sup kalengan, dan lain-lain.

2. Makanan Terlalu Manis

UGC Resep DetikfoodAsupan gula berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan hingga pada gilirannya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Foto: detik

Bukan hanya makanan asin, tetapi penderita hipertensi juga perlu untuk menghindari makanan yang terlalu manis. Ini karena secara tidak langsung gula menyebabkan tekanan darah tinggi, apalagi jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Asupan gula berlebihan bisa menyebabkan kenaikan berat badan hingga pada gilirannya bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Salah satu penelitian tekanan yang dilakukan pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa dalam hal peningkatan tekanan darah, konsumsi gula berlebihan bahkan lebih berbahaya dibandingkan konsumsi garam.

Penelitian ini juga menyebutkan konsumsi makanan yang mengandung gula jenis fruktosa tinggi akan berkorelasi langsung dengan tekanan darah tinggi.

Daftar makanan manis yang harus dihindari antara lain cokelat manis, olahan dessert, biskuit, hingga selai kacang.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT