ADVERTISEMENT

8 Buah Penurun Kolesterol Darah yang Segar Manis Alami

Tim Detikfood - detikFood
Senin, 19 Sep 2022 05:00 WIB
Smoothie bowl with fresh berries, nuts, seeds and homemade granola for healthy breakfast, copy space
Foto: Istimewa
Jakarta -

Saat kolesterol darah tinggi, ada sejumlah makanan yang harus dipantang. Tetapi ada juga buah yang segar enak yang bisa bantu turunkan kolesterol.

Makanan berpengaruh pada kadar kolesterol darah. Banyak makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol LDL alias si kolesterol jahat. Kolesterol jahat akan menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah arteri yang menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Tetapi yang ada banyak makanan enak yang bisa dimasukkan dalam menu harian yang bisa bantu turunkan kolesterol darah. Salah satunya adalah beragam buah segar yang segar, asam dan manis.

Berikut beberapa jenis buah penurun kolesterol yang mudah ditemukan dan rasanya enak.

1. Alpukat

Mengutip Web MD, alpukat mengandung asam oleat yang membantu menurunkan kolesterol dalam aliran darah. Coba taruh beberapa potong di dalam racikan sandwich, tambahkan ke salad, atau bahkan dibuat jus.

Jangan menambahkan pemanis apapun, nikmati segar atau beri sedikit air jeruk lemon agar lebih enak rasanya.

Manfaat AlpukatAlpukat buah penurun kolesterol. Foto: iStock

2. Apel

Buah apel mengandung pektin yang tinggi. Pektin tinggi akan membantu menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.

Sebuah apel sehari benar-benar dapat menjauhkan kamu dari dokter, atau setidaknya dapat memberi beberapa nutrisi penting.

"Apel sangat tinggi pektin, yang merupakan serat larut yang dapat mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan, di mana ia membawa kolesterol ke hati untuk eliminasi," kata Morgyn Clair, penulis di Fit Healthy Momma.

3. Jeruk

Mengutip Eat This, jeruk tidak hanya enak dan baik untuk kekebalan, tetapi jeruk juga bagus untuk kesehatan jantung. Jeruk termasuk buah penurun kolesterol yang enak dan murah.

"Jeruk adalah buah memuaskan yang mengandung nutrisi penting untuk kesehatan jantung tanpa tambahan gula," kata anggota dewan medis Lauren Manaker, penulis The First Time Mom's Pregnancy Cookbook and Fueling Male Fertility.

Studi observasional telah menunjukkan hubungan antara orang dewasa yang mengonsumsi jus jeruk dan kadar kolesterol total dan LDL yang secara signifikan lebih rendah, dengan laki-laki memiliki risiko 23 persen lebih rendah untuk memiliki konsentrasi HDL yang rendah, dibandingkan dengan non-konsumen.

4. Semangka

Semangka sangat segar, berair dan manis. Menurut ahli gizi, semangka juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Semangka menjadi buah penurun kolesterol

"Semangka adalah buah populer yang merupakan tambahan fantastis untuk diet penurun kolesterol," kata Manaker.

Semangka secara alami mengandung likopen, karotenoid yang telah terbukti menangkal radikal bebas, sehingga mungkin mencegah peningkatan kadar kolesterol. Minum jus semangka bisa menjadi cara menyegarkan untuk memasukkan banyak nutrisi penting, termasuk likopen, ke dalam menu harian.

5. Buah beri

Beragam buah beri adalah beberapa buah terbaik untuk menurunkan kolesterol karena kandungan seratnya dan antioksidan.

"Berries mengandung banyak antioksidan," kata Clair.

Buah beri membantu melindungi kolesterol LDL 'jahat' dari oksidasi dalam tubuh dan karenanya melindungi dari efek berbahaya.

Berries in glass jar, over wooden background. Strawberries, Raspberries, BlueberryBuah berries penurun kolesterol. Foto: iStock

6. Pisang

Mengutip berbagai sumber, pisang mengandung serat dan potasium untuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Pisang dikenal sebagai sumber serat larut yang baik yang akan memberikan tubuh yang sehat dan sistem kekebalan tubuh yang baik.

7. Anggur

Kandungan nutrisi dalam anggur masuk ke aliran darah dan membawa semua kolesterol jahat ke hati untuk diproses.

8. Nanas

Nanas merupakan sumber vitamin, mineral, dan nutrisi yang baik dan menjadi buah penurun kolesterol yang baik.

Bromelain yang ada dalam nanas memecah timbunan kolesterol di arteri, yang membuat aliran darah yang sehat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Artikel selengkapnya lihat di halaman INI !



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT