ADVERTISEMENT

12 Minuman Pembakar Lemak Perut yang Bikin Perut Ramping

Tim Detikfood - detikFood
Selasa, 13 Sep 2022 05:00 WIB
Minuman Teh Kemasan Berpotensi Haram, Ini Penjelasannya
Foto: Getty Images/iStockphoto/Galina2012
Jakarta -

Lemak pada perut membuat perut buncit dan mengganggu penampilan. Untuk menggempur lemak ini ada 12 minuman yang baik jika rutin dikonsumsi.

Wanita dan pria dengan perut buncit penuh tonjolan lemak tentu merasa tak nyaman. Selain dengan rutin senam atau berolahraga, lemak perut bisa digempur dengan minuman enak.

Ada teh hijau yang kaya antioksidan dan beraroma harum. Atau kopi hitam yang bisa rutin diminum di pagi hari hingga air lemon yang menyegarkan diminum dingin.

Berikut ini daftar minuman pembakar lemak yang baik dikonsumsi rutin seperti dilansir dari Healthline.

1. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin, senyawa antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga bisa menjadi minuman penghancur lemak perut alami.

Selain itu, teh hijau juga mengandung kafein dan nol kalori bila diminum tanpa gula tambahan. Bisa diminum hangat atau dingin.

2. Teh hitam

Selain teh hijau, teh hitam juga cukup populer sebagai bahan yang terkandung di dalam minuman pelangsing.

Hal ini karena teh hitam punya kandungan polifenol, senyawa antioksidan yang bisa merangsang pemecahan lemak, sehingga bisa menggempur lemak perut dan mengurangi berat badan.

3. Cuka apel

Cuka apel atau cider vinegar mengandung asam asetat, senyawa yang dapat menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, dan menekan nafsu makan.

Hal ini membuat cuka apel bisa menjadi minuman pembakar kalori. Bisa diminum langsung atau dipakai sebagai campuran saus salad.

7 Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih Selain Setelah Bangun TidurAir putih untuk menggempur lemak perut. Foto: Getty Images/elenaleonova

4. Air Putih

Air putih adalah minuman yang sangat membantu dalam penurunan berat badan. Hal ini karena air putih nol kalori. Air ini membantu metabolisme tubuh termasuk membakar lemak.

Bahkan minum air putih dalam jumlah banyak bisa menekan nafsu makan dan membuat kamu makan lebih sedikit apabila dikonsumsi tepat sebelum makan.

5. Teh jahe

Minuman herbal ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu membakar lemak dan mengendalikan kadar gula darah. Menjaga gula darah tetap stabil bisa menjadi faktor pendukung penurunan berat badan.

Selain itu, kandungan gingerol di dalam jahe bisa meningkatkan pembakaran kalori. Manfaat lainnya, teh jahe juga bisa membantu mengurangi nafsu makan, meredakan flu, mual, atau pegal-pegal.

6. Air lemon

Mengonsumsi segelas air lemon hangat di pagi hari dapat meningkatkan hidrasi sekaligus merangsang kerja metabolisme sehingga tubuh siap untuk membakar kalori.

Selain itu, air lemon tanpa tambahan gula juga mengandung nol kalori. Menggantikan minuman berkalori seperti jus jeruk atau soda lemon dengan air lemon murni adalah cara terbaik untuk mengurangi asupan kalori harian.

7. Infused water

Tak hanya air lemon, air infus atau infused water yang menggunakan potongan buah juga dikenal sebagai minuman detoksifikasi.

Hal ini membuat air infus buah bisa membuang racun dalam tubuh sekaligus memperlancar metabolisme serta meningkatkan hidrasi bagi tubuh.

jus buahJus buah segar untuk menggempur lemak perut. Foto: iStock


8. Jus Buah Segar

Minuman pembakar lemak berikutnya adalah jus buah. Sebab, buah-buahan segar memiliki sedikit kalori.

Sama dengan sayuran, jus buah yang terdiri atas jeruk, melon, tomat, apel, semangka, atau stroberi memiliki sedikit kalori tapi kaya akan air dan serat.

Akan tetapi, jangan menambahkan gula pada jus buah. Gula hanya akan menambah kalori pada minuman yang berkontribusi pada peningkatan berat badan.

9. Jus sayur

Tak hanya buah, jus sayuran hijau seperti bayam, brokoli, sampai kale bisa menjadi minuman pembakar lemak karena tinggi serat.

Juah sayuran bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga porsi makan berikutnya bisa berkurang.

10. Kopi

Siapa sangka jika kopi adalah minuman pembakar lemak? Pasalnya, kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak di tubuh.

Namun, sebisa mungkin tidak menggunakan gula tambahan maupun krimer pada kopi.

11. Susu rendah lemak

Kandungan lemak pada susu rendah lemak hanya sekitar 1-2 persen dari susu pada umumnya. Dengan begitu, susu ini bisa dikonsumsi tanpa khawatir naik berat badan.

12. Minuman tinggi protein

Merujuk jurnal pada laman ResearchGate, minuman tinggi protein seperti bubuk whey punya efek yang menguntungkan bagi tubuh. Protein whey dapat meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan.

Minuman yang bisa membakar lemak ini juga berkontribusi dalam membangun massa otot jika dibarengi dengan olahraga yang rutin.

Artikel selengkapnya bisa dibaca di SINI !



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Kuliner Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT