ADVERTISEMENT

5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Gempur Lemak Perut dan Cegah Perut Buncit

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 06 Sep 2022 14:30 WIB
Kesalahan saat diet
Foto: iStock
Jakarta -

Kebiasaan makan bisa memengaruhi bentuk dan berat badan seseorang. Agar lemak perut tak menumpuk dan sebabkan perut buncit, ikuti kebiasaan makan ini.

Perut buncit disebabkan karena adanya lemak visceral dalam perut. Jenis lemak ini ditemukan dalam rongga perut. Biasanya lemak ini membungkus organ-organ internal dalam tubuh seperti hati dan limpa yang tentunya berakibat buruk bagi kesehatan.

Banyak orang ingin memiliki perut langsing dan rata agar penampilannya membaik. Beberapa orang melakukan diet hingga mengganti kebiasaan makan mereka.

Dilansir dari Forbes dan Eating Well (5/9), ada beberapa kebiasaan yang patut diterapkan dalam kegiatan makan sehari-hari. Seperti memperbanyak asupan protein, tidak melewatkan waktu makan, hingga rutin mengonsumsi air putih.

Baca Juga: 20 Bakso Goreng Halal yang Kriuk Renyah Ada di Tempat Ini

Berikut 5 kebiasaan makan yang dapat melunturkan lemak perut.

1. Tidak Ngemil Tengah Malam

5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Gempur Lemak Perut dan Cegah Perut Buncit5 Kebiasaan Makan Ini Bisa Gempur Lemak Perut dan Cegah Perut Buncit Foto: Getty Images/iStockphoto

Camilan tengah malam memang salah satu makanan yang dapat menimbun lemak. Agar perut tak buncit, sebaiknya tidak lagi ngemil di malam hari.

Kamu juga harus memperhatikan waktu makan di malam hari. Sebaiknya sudah tidak makan lagi di atas pukul 7 malam. Ahli diet Elizabeth Ward menjelaskan, "Penelitian telah menunjukkan bahwa makan sesuai dengan jam tubuh dan ritme sirkadian alami membantu mengurangi penyimpanan lemak."

"Makan lebih awal (tidak melewati batas makan malam) jauh lebih baik dalam mengolah makanan dan membantu dalam mengontrol berat badan," lanjutnya.

2. Konsumsi Karbohidrat Tak Berlebihan

Karbohidrat menjadi zat makanan yang dapat menimbun lemak pada perut kalau terlalu banyak dikonsumsi. Ahli diet Spencer Kroll mengungkapkan kalau konsumsi karbohidrat secara berlebihan dapat menyebabkan lemak di area perut.

"Konsumsi karbohidrat berlebihan bersama makanan olahan adalah kontributor utama akumulasi lemak perut," ujar Spencer Kroll.

Kamu tidak dituntut untuk mengikuti gaya makan rendah karbohidrat, tetapi ada baiknya mulai mengurangi karbohidrat sederhana seperti jus buah dan kue kering. Sebaliknya, carilah karbohidrat yang mengandung serat tinggi, seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Baca Juga: Dekat TPU Pondok Kelapa Ada 5 Makanan Enak yang Wajib Dicoba



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT