ADVERTISEMENT

5 Cara Alami Kendalikan Kolesterol Ini Gampang Ditiru

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 30 Agu 2022 05:00 WIB
5 Cara Alami Kendalikan Kolesterol Ini Gampang Ditiru
Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis
Jakarta -

Pola makan yang tidak teratur dan tak sehat berpengaruh besar pada kadar kolesterol. Agar tetap terkendali, coba praktikan tips alami dari ahli kesehatan ini.

Kolesterol di dalam darah dapat menumpuk melalui kebiasaan hidup yang kurang sehat. Makan makanan tinggi lemak dan kalori membuat kadar kolesterol melonjak dengan cepat.

Kenaikan kadar kolesterol darah ini tentu perlu dicermati. Beberapa penyakit serius justru diawali oleh melonjaknya kolesterol di dalam tubuh dan tidak dapat dikendalikan.

Ternyata kolesterol bisa saja diatasi dengan beberapa cara alami yang disarankan oleh ahli kesehatan. Mulai dari memilih makanan dengan tepat hingga beberapa tips lainnya bisa ditiru dengan mudah di rumah.

Berikut ini 5 cara alami mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh menurut Times of India (28/8):

5 Cara Alami Kendalikan Kolesterol Ini Gampang DitiruMengonsumsi makanan sehat menjadi kunci utama untuk mengendalikan kolesterol. Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

1. Mengubah pola makan

Mengubah pola makan menjadi jauh lebih sehat memang bukan hal yang mudah untuk langsung diterapkan. Tetapi ini menjadi kunci utama jika ingin kolesterol di dalam tubuh terkendali.

Setidaknya awali dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi garam dan gula. Ganti asupan makanan dengan memperbanyak sumber makanan kaya serat alami.

Makanan-makanan yang disarankan misalnya buah apel, kacang merah, oatmeal dan yang lainnya. Untuk melindungi kesehatan jantung juga disarankan mengonsumsi makanan tinggi asam lemak omega-3 seperti ikan laut atau alpukat.

2. Kurangi konsumsi alkohol

Minum alkohol bersama teman-teman sambil bersantai memang terasa menyegarkan. Tetapi ada efek buruk y di balik kesegaran alkohol yang diminum para penikmatnya.

Alkohol mengandung gula yang tinggi dan tidak disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Walaupun masih menjadi perdebatan di kalangan ahli kesehatan tetapi banyak hasil penelitian yang menemukan efek negatifnya jauh lebih banyak dibandingkan efek positifnya.

Bahkan konsumsi alkohol dalam batas aman juga disebutkan dapat berpengaruh pada lonjakan kolesterol buruk di dalam tubuh. Maka banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk sepenuhnya berhenti minum alkohol.

Tips mengendalikan kolesterol secara alami lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT