ADVERTISEMENT

Nasi Dingin Baik untuk Penderita Diabetes dan Turunkan BB, Ini Faktanya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 26 Jul 2022 08:00 WIB
Nasi Dingin Lebih Sehat
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Banyak orang mengatakan kalau nasi dingin atau nasi sisa baik dikonsumsi karena jauh lebih sehat. Baik untuk penderita diabetes dan berdiet. Ini faktanya!

Nasi menjadi makanan pokok masyarakat Asia. Biasanya agar makan lebih nikmat orang-orang memilih nasi panas yang masih mengepul untuk dipadukan dengan lauk dan sayuran.

Namun, ada juga orang yang lebih menyukai nasi dalam kondisi dingin. Banyak yang mengatakan kalau nasi dingin lebih sehat dibandingkan nasi panas. Dikarenakan nasi dingin mengandung gula yang lebih rendah.

Sebagian besar manfaat kesehatan dari mengonsumsi nasi dingin berasal dari pati resistennya. Pati resisten yang terdapat pada nasi dingin lebih banyak jumlahnya. Kemudian pati resisten ini bekerja seperti serat pada makanan di dalam sistem pencernaan.

Baca Juga: Laris Banget! 5 Nasi Uduk Lauk Komplet Ini Tersembunyi dalam Gang

Dilansir dari Lacademie (27/6), berikut 4 manfaat mengonsumsi nasi dingin.

1. Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Nasi Dingin Lebih SehatNasi Dingin Lebih Sehat Foto: Getty Images/iStockphoto

Mengonsumsi nasi dingin disebut baik bagi penderita diabetes. Dikarenakan adanya pati resisten, gula beras yang berubah menjadi zat lain dan tidak bekerja seperti gula.

Oleh karenanya, mengonsumsi nasi dingin dalam jumlah yang sama dengan nasi panas, asupan gula (karbohidrat) akan lebih rendah. Penderita diabetes yang tetap ingin menyantap nasi, lebih baik memilih nasi dalam kondisi dingin.

Penderita diabetes bisa menikmati lebih banyak nasi karena sudah mengetahui manfaatnya. Jika sering mengonsumsinya, bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

2. Turunkan Berat Badan

Pelaku diet yang ingin cepat menurunkan berat badan, biasanya menghindari konsumsi gula. Mereka dapat mengonsumsi nasi dingin untuk kandungan karbohidrat lebih rendah, namun rasa kenyang tetap bertahan lebih lama.

Untuk mengoptimalkan prosesnya, kamu bisa menggunakan nasi merah dingin sebagai pengganti nasi putih karena seratnya lebih tinggi. Selain itu, kandungan gulanya lebih rendah.

Baca Juga: Resep Sawi Putih Tumis Ayam yang Sederhana dan Sedap Bumbunya



Simak Video "Cerita Pemilik Rintis Usaha Nasi Goreng Padang Upiak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT