ADVERTISEMENT

10 Tips Pesan Makanan di Restoran Bagi Penderita Diabetes

Riska Fitria - detikFood
Kamis, 15 Sep 2022 10:30 WIB
Tips pesan makanan di restoran bagi penderita diabetes
Foto: iStock
Jakarta -

Tak hanya gula, penyakit diabetes juga harus hindari makanan tinggi lemak. Karenanya saat pesan makanan di restoran sebaiknya perhatikan hal ini.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah atau glukosa. Sementara glukosa adalah sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Namun bagi penderita diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh. Karenanya, penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi makanan sembarangan.

Tentu hal ini bisa menyulitkan ketika memesan makanan di restoran atau kafe. Agar tak salah pilih menu makanan, sebaiknya ikuti 10 tips pesan makanan ini, seperti dilansir dari Taste of Home (08/09/22):

1. Hindari Makanan Digoreng

Tips pesan makanan di restoran bagi penderita diabetesHindari makanan digoreng. Foto: iStock

Tak hanya jenis makanannya saja, bagi penderita diabetes sebaiknya juga memperhatikan bagaimana menu yang kamu pesan dimasak. Hindari makanan digoreng. Pilihlah makanan yang dimasak dengan cara dipanggang atau dikukus.

Baca Juga: Nasi Dingin Baik untuk Penderita Diabetes dan Turunkan BB, Ini Faktanya

2. Mengganti Bahan yang Lebih Sehat

Saat memesan makanan, tetapi menu itu dibuat dari bahan yang tidak baik bagi penderita diabetes, sebaiknya minta ganti kepada pelayan.

Tanyakan dulu apakah pihak restoran bersedia mengganti bahan. Misalnya menu yang menggunakan tepung roti, kamu bisa meminta ganti dengan bahan yang lebih sehat lagi.

3. Jangan Terlalu Banyak Mentega

Perhatikan juga penggunaan mentega pada menu yang kamu pesan. Dalam hal ini, kamu bisa memesan kepada pelayan untuk hanya menggunakan mentega setengah atau lebih sedikit dari umumnya.

4. Perbanyak Sayuran

Tips pesan makanan di restoran bagi penderita diabetesPerbanyak makan sayuran. Foto: iStock

Sayuran sangat baik bagi penderita diabetes. Saat memesan makanan di restoran, akan lebih baik jika kamu memesan kepada pelayan menu sayuran dan minta untuk menambahkan sayurannya.



Simak Video "Bikin Laper: Berburu Kuliner Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT