ADVERTISEMENT

Bisa Mulai Diterapkan, Ini 5 Pola Makan Ini Ampuh Cegah Diabetes

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 30 Jun 2022 06:00 WIB
Bisa Mulai Diterapkan, Ini 5 Pola Makan Ini Ampuh Cegah Diabetes
Foto: Getty Images/LinaWee
Jakarta -

Kadar gula darah yang berlebih di dalam tubuh sangat berbahaya untuk kesehatan. Untuk mencegah efek buruk diabetes, terapkan lima pola makan sehat yang dianjurkan para pakar kesehatan ini.

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah berlebihan di dalam tubuh. Secara tidak sadar, banyak orang yang memicu lonjakan gula darah secara berlebihan.

Banyak sekali komponen gula yang tersembunyi baik dalam makanan maupun minuman. Hal inilah yang perlu diwasapadai agar tidak memberikan efek peningkatan gula dalam darah yang buruk bagi tubuh dan kesehatan.

Para pakar kesehatan menyaran untuk menerapkan pola makan sehat yang diungkapkan dapat mencegah diabetes ini. Terutama bagi orang dewasa, ancaman penyakit diabetes akibat gula darah yang tinggi ini salah satu yang wajib diwaspadai dan dicegah sejak dini.

Berikut ini 5 pola makan sehat untuk mencegah diabetes menurut DNA India (28/6):

Bisa Mulai Diterapkan, Ini 5 Pola Makan Ini Ampuh Cegah DiabetesKonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menyerap kadar gula dalam darah. Foto: Getty Images/LinaWee

1. Konsumsi makanan kaya serat

Ketika kadar gula darah meningkat ada ancaman yang akan menyerang kesehatan tubuh secara general. Sebelum efek negatifnya terjadi, para pakar kesehatan menyarankan untuk mengatasinya dengan konsumsi makanan tinggi serat.

Makanan yang mengandung serat dengan tinggi dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga terjadi penyerapan gula darah dalam prosesnya. Jika gula darah sudah berhasil diikat dan dialihkan melalui proses metabolisme maka kadar gula darah dalam tubuh tidak akan terus menumpuk.

Makanan tinggi serat ini disebutkan bisa didapatkan melalui berbagai jenis makanan. Misalnya seperti gandum, biji-bijian hingga sayuran dan buah-buahan yang segar.

2. Perbanyak makan buah

Makan buah-buahan tidak harus sepanjang hari. Setidaknya para pakar kesehatan menyarankan untuk menyelipkan kehadiran buah dalam salah satu waktu makan.

Selain dinikmati sebagai bagian dari makanan utama, buah juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti camilan yang lebih sehat. Konsumsi buah begitu dianjurkan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin, nutrisi dan mineral yang juga dapat mengatasi kadar gula darah berlebih di dalam tubuh.

Bahkan bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi beberapa buah tertentu seperti semangka, tomat, bayam hingga timun. Kandungannya yang kaya akan serat, vitamin A, C dan K serta magnesium hingga antioksidannya dikatakan sangat baik untuk mencegah dan mengendalikan diabetes.

Pola makan sehat pencegah diabetes lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Rekomendasi Bebek Rempah di Ubud yang Jadi Langganan Artis dan Pejabat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT