Kaya Nutrisi! Ini 5 Arti di Balik Warna-warni Buah dan Sayuran

ADVERTISEMENT

Kaya Nutrisi! Ini 5 Arti di Balik Warna-warni Buah dan Sayuran

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 29 Nov 2022 11:00 WIB
Tangkal Covid-19! Ini 7 Resep Jus Buah dan Sayur untuk Perkuat Imunitas
Foto: Getty Images/iStockphoto/pilipphoto
Jakarta -

Buah dan sayuran yang biasa kita konsumsi bisa dibedakan dari warnanya. Warna tersebut ternyata juga punya arti dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Ini artinya!

Buah dan sayuran memang menjadi makanan yang kaya akan nutrisi dan vitamin lainnya. Makanan ini juga menjadi pilihan yang paling sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari. Biasanya buah dan sayuran bisa dibedakan dengan ciri khas pigmen warna.

Ternyata, warna buah bukan hanya sebagai penanda saja, melainkan juga ada arti di baliknya. Warna ini juga menunjukkan beragam manfaat yang terkandung dalam buah dan sayur.

Lantas, apa saja arti setiap warna buah dan sayuran untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan? Merangkum theconversation.com (25/11), begini artinya:

1. Buah dan sayuran warna merah

Fresh strawberry juice with mint leaf in a jarSalah satu buah berwarna merah adalah stroberi. Warna merah dihasilkan dari fitonutrien berupa karotenoid yang punya sifat anti-oksidan. Foto: iStock

Buah dan sayuran berwarna merah dilengkapi dengan fitonutrien yang disebut karotenoid. Zat ini terkandung dalam tomat ceri, apel, semangka, hingga stroberi.

Tak hanya memberikan warna, karotenoid juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas dikenal sebagai molekul yang dapat merusak protein, membran sel, dan DNA dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi buah dan sayuran berwarna merah mengandung karotenoid ini, kandungan antioksidan di dalamnya bisa membersihkan dan menstabilkan radikal bebas dan menjaga kerusakan sel dalam tubuh.

2. Buah dan sayur berwarna oranye

Adalagi buah dan sayuran yang punya pigmen warna oranye. Warna itu juga mengandung karotenoid tetapi sedikit berbeda dengan sayuran merah. Jika pada buah dan sayuran oranye, karotenoidnya berupa alfa dan beta karoten serta kurkuminoid.

Alfa dan beta karoten tersebut dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A ini juga memiliki antioksidan yang dapat menargetkan radikal bebas yang menumpuk di sekitar membran sel, sehingga bisa sekaligus mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Buah dan sayuran dengan warna oranye yang bisa dikonsumsi seperti wortel, jeruk mandarin, labu, dan aprikot.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT