Ini Efek yang Dirasakan Tubuh Jika Minum Kopi Sore Hari

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

Ini Efek yang Dirasakan Tubuh Jika Minum Kopi Sore Hari

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 28 Nov 2022 08:00 WIB
Apa Manfaat Minum Kopi Sebelum Tidur Siang?
Foto: iStock
Jakarta -

Bagi penggemar kopi, mengonsumsinya adalah keharusan. Tak hanya pagi hari, tapi banyak yang senang minum kopi di sore hari. Ini efek yang dirasakan tubuh menurut ahli.

Penggemar kopi tak bisa melewatkan hari tanpa secangkir kopi. Ada dua tipe peminum kopi, yaitu orang yang menikmatinya di pagi hari saat sarapn dan minum di sore hari untuk menambah energi ketika kelelahan.

Kopi yang mengandung kafein memang dikenal dapat meningkatkan energi seseorang. Sehingga tubuh kembali bugar dalam melakukan aktivitas. Mereka yang bekerja sering sekali menikmati kopi di sore hari.

Dilansir dari Eat This (26/11), sebenarnya mengonsumsi kopi di sore hari bisa memberikan efek negatif. Hal ini diungkapkan oleh beberapa ahli diet.

Baca Juga: Minum Kopi Lebih Sehat dengan 6 Tips Gampang Ini

Sama-sama Kopi Hitam, Apa Bedanya Americano, Long Black, dan Kopi Tubruk?kopi Foto: Getty Images/grandriver

Menurut sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Biological Rhythms menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kafein setara dengan 2 cangkir espresso dalam waktu 5 jam sebelum tidur, maka akan sulit mengantuk. Hal ini menyebabkan tidur menjadi tidak tepat waktu dan kurang tidur.

Dikarenakan kurang tidur inilah membuat tidur seseorang tidak nyenyak. Orang itu akan sering terbangun dalam tidurnya dan menyebabkan kelelahan ketika bangun.

Penelitian pada tahun 2015 dalam jurnal Science Translational Medicine mengungkapkan kalau mengonsumsi kopi di sore hari juga menyebabkan ritme sikardian menjadi tidak teratur. Di mana seharuanya orang itu bangun pagi pada sekitar pukul 06.00, maka akan terlambat bangun selama 40 menit.

Baca Juga: Slurrpp! Ini 5 Manfaat Minum Kopi Hitam Bagi Kesehatan

Minum Kopi Campur Oatmeal, Ini Manfaat SehatnyaMinum Kopi Sore Hari Foto: Site News/Ilustrasi iStock

Konsumsi kopi di sore hari juga tak baik untuk wanita yang telah mengalami fase menopause. Dikarenakan, wanita menapouse sering berkeringat, jumlahnya meningkat di malam hari.

Menurut sebuah penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Menopause, konsumsi kafein atau kopi memperburuk gejala tersebut.

"Membatasi asupan kafein mungkin berguna bagi wanita pascamenopause yang mengalami hot flashes dan keringat malam yang mengganggu," kata Stephanie Faubion, seorang ahli diet.

Selain itu, mengonsumsi kopi di sore hari juga dapat membuat penikmatnya sering buang air kecil di malam hari. Karena, kafein memiliki sifat diuretik.

Lantas, kapan waktu terbaik mengonsumsi kopi? Menurut Health Line (15/5), waktu terbaik mengonsumsi kopi adalah pagi hari. Waktunya sekitar pukul 06.30 - 11.30, di mana kadar kortisol tubuh lebih rendah.

Baca Juga: Apa Manfaat Minum Kopi Sebelum Tidur Siang?



Simak Video "Melihat Proses Pembuatan Kopi Toraja Secara Tradisional"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT