ADVERTISEMENT

Beli Kopi, Pelanggan Tunarungu ini Malah Disebut sebagai Pelanggan Paling Sulit

Atiqa Rana - detikFood
Senin, 06 Jun 2022 15:00 WIB
Pelanggan Tunarungu Beli Kopi
Foto: dailymail.co.uk
Jakarta -

Seorang wanita tunarungu berusaha untuk memesan kopi di salah satu coffee shop. Namun pelayan di kedai kopi itu malah menyebutnya sebagai pelanggan paling sulit.

Sebagai penyandang disabilitas, pastinya akan sulit untuk memesan sesuatu di kafe atau restoran. Terlebih lagi jika datang seorang diri. Mungkin apa yang disampaikan sulit untuk dimengerti oleh pelayan kafe. Seperti apa yang terjadi oleh wanita asal Texas ini.

Wanita Bernama Ashley Vallejo adalah seorang tunarungu. Dilansir dari dailymail.co.uk (27/05), dia mengungkapkan bahwa dirinya sedang mengunjungi salah satu coffee shop lokal dan terkenal di Texas. Dia menggambarkan bahwa interaksi antara dia dengan pelayan coffee shop itu sedikit canggung.

Dalam video TikTok yang diunggahnya, wanita ini menceritakan kesulitan sebagai penyandang disabilitas untuk memesan kopi di kafe. Setelah berhasil memesan dan kemudian mengambil kopi tersebut, ada suatu hal yang mengejutkan.

Ketika wanita ini sudah menerima kopi dan struknya, dirinya menyadari bahwa terdapat tulisan yang tidak mengenakkan. Tak habis pikir ternyata pada struk tersebut tertulis bahwa wanita ini adalah 'pelanggan paling sulit.'

Pelanggan Tunarungu Beli KopiKetika wanita ini sudah menerima kopi dan struknya, tak habis pikir ternyata pada struk tersebut tertulis bahwa wanita ini adalah 'pelanggan paling sulit.' Foto: dailymail.co.uk

Dia mengatakan bahwa dirinya bisa membaca bibir dan berbicara sedikit, tetapi suaranya memang tidak bisa terdengar sempurna. "Aku membaca bibir, aku bisa berbicara sedikit, tetapi suaraku tidak sempurna." ucapnya pada video tersebut.

Mendapat perlakuan seperti itu, Vallejo menjadi sangat emosional. Vallejo juga mengungkapkan bahwa orang yang menyandang disabilitas juga berusaha untuk memesan makanan, minuman, layaknya orang normal. Karenanya jangan menghukum orang-orang seperti ini dan cobalah untuk bersabar dengan mereka.

Di sosial media Facebook, Vallejo mengatakan meskipun banyak yang menyoroti insiden tersebut, tetapi dia tidak mau menyerang pelayannya. Video tersebut diunggah oleh wanita ini hanya untuk menyebarkan kesadaran lebih bagi para pelayan untuk bisa melatih kesadaran mereka.

Pelanggan Tunarungu Beli KopiVideo tersebut diunggah oleh wanita ini hanya untuk menyebarkan kesadaran lebih bagi para pelayan untuk bisa melatih kesadaran mereka. Foto: dailymail.co.uk

Ternyata video ini sudah diketahui oleh kafe tersebut. Pihak kafe akhirnya meminta maaf atas insiden itu. Dalam suatu pernyataan mereka menyebut bahwa insiden itu sangat mengecewakan dan bertentangan dengan nilai-nilai yang mereka junjung.

Kafe ini juga akan mengatasi masalah secara internal dan memastikan bahwa mereka dapat berkomunikasi dengan pelanggan tunarungu.



Simak Video "Nyantai di Coffee Shop Hits Depok yang Hadirkan Nuansa Asri"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT