Selain Daging Busuk, Kini Muncul Tren Baru Makan Jeroan Mentah Biar Mabuk

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 28 Mei 2021 19:30 WIB
Selain Daging Busuk, Kini Muncul Tren Baru Makan Jeroan Mentah Biar Mabuk Foto: TikTok @ericaeatorgans
Jakarta -

Sebelumnya muncul tren makan daging busuk, untuk mendapatkan efek mabuk. Kini muncul tren aneh makan organ hewan atau jeroan yang masih mentah di TikTok.

Beberapa minggu yang lalu banyak orang yang mencoba tren aneh di TikTok. Tren ini mengajak orang-orang untuk mengonsumsi daging busuk, agar mendapatkan efek mabuk seperti konsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu.

Baca Juga: Duh! Makan Daging Busuk Agar Mabuk Jadi Tren Baru yang Berbahaya

Dilansir dari News Week (28/05), seorang pengguna TikTok bernama Erica Dobeck, membuat tren makan baru yang aneh sekaligus menjijikkan. Ia mengklaim bahwa rutin mengonsumsi jeroan hewan mentah, membuatnya lebih sehat.

Bahkan mantan vegan ini mengaku bahwa efek makan organ mentah ini, membuatnya mabuk. Erica tak hanya memakan satu jenis organ hewan saja. Ia sudah terbiasa memakan hati, jantung hingga ginjal sapi.

Untuk meyakinkan netizen, Erica rajin mengunggah videonya saat makan organ-organ mentah ini di TikTok. Menurutnya rasa dari organ mentah ini memang tidak enak, tapi efek setelah menyantapnya yang ia cari.

Selain Daging Busuk, Kini Muncul Tren Baru Makan Jeroan Mentah Biar MabukSelain Daging Busuk, Kini Muncul Tren Baru Makan Jeroan Mentah Biar Mabuk Foto: TikTok @ericaeatorgans

Tanpa merasa jijik sama sekali, Erica memakan potongan ginjal, hati sampai jantung sapi yang masih berdarah. Terkadang ia juga membuat smoothie dari campuran ceker ayam, kuping babi dan hati sapi yang diblender hingga halus.

Wanita asal California, Amerika ini menjelaskan bahwa banyak manfaat kesehatan dari memakan organ hewan mentah.

"Sebenarnya saya tidak terlalu suka dengan rasanya. Tapi saya suka dengan manfaat kesehatan dari makanan-makanan ini. Jadi saya rela berkorban menyantap organ mentah agar tubuh saya sehat. Orang-orang lebih suka mengonsumsi vitamin atau suplemen, kalau saya lebih suka makan dari sumbernya langsung," jelas Erica.

"Alasan lain mengapa saya lebih memilih memakan organ mentah, karena saya tidak mendapatkan rasa euforia atau mabuk jika organ ini dimasak. Selain itu banyak nutrisi yang hilang ketika organ dimasak," lanjutnya.

Selain Daging Busuk, Kini Muncul Tren Baru Makan Jeroan Mentah Biar MabukSelain Daging Busuk, Kini Muncul Tren Baru Makan Jeroan Mentah Biar Mabuk Foto: TikTok @ericaeatorgans

Karena rasanya yang tidak enak, Erica membatasi porsi organ mentah yang disantapnya. Ia memotong organ-organ hewan itu menjadi bagian kecil, dan menyimpan sisanya di freezer. Stok organ hewan miliknya bisa bertahan berminggu-minggu hingga bulan.

"Kalau ini memang cara saya saja. Saya mengerti kebanyakan orang merasa mual dan jijik saat makan organ mentah. Jadi tolong jangan dipaksakan. Cara ini memang bekerja di saya, dan seperti yang saya bilang saya merasakan sensasi euforia saat menyantapnya," tutur Erica.

Tingginya kandungan vitamin B12 dalam organ mentah ini, membuat Erica merasa mabuk. Erica sendiri tidak merasa menyesal dengan pola makannya yang berubah drastis. Dari seorang vegan yang hanya makan sayuran, dan kini ia makan daging hewan mentah.

Untuk menghindari keracunan makanan atau bakteri dari makan daging mentah. Erica hanya memakan organ-organ mentah ini seminggu sekali.

https://www.detik.com/tag/daging-mentah

Selain Daging Busuk, Kini Muncul Tren Baru Makan Jeroan Mentah Biar MabukSelain Daging Busuk, Kini Muncul Tren Baru Makan Jeroan Mentah Biar Mabuk Foto: TikTok @ericaeatorgans

Tentunya video Erica yang kontroversial mengundang banyak kritik dari netizen.

"Astaga, hanya melihat video-videonya makan saja sudah membuat saya merasa mual," kritik netizen.

"Apakah wanita ini tahu ada bakteri salmonella di dalam daging mentah?" tanya netizen lainnya.

Ada juga beberapa netizen yang membela Erica.

"Saya sudah makan daging mentah dan telur mentah selama bertahun-tahun. Dokter saya tidak melarangnya karena banyak manfaat kesehatan," pungkas netizen lainnya.

Baca Juga: Wanita Ini Pamer Hobinya Makan Daging Ayam Mentah di TikTok



Simak Video "Cerita Soto Lamongan Yang Sudah Lezat Dari Tahun 1987"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com