Duh! Makan Daging Busuk Agar Mabuk Jadi Tren Baru yang Berbahaya

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 06 Mei 2021 10:30 WIB
Pria Ini Hanya Makan Daging Mentah dan Daging Busuk Selama 10 Tahun Foto: Nate Spicer
Jakarta -

Tren makanan aneh dan ekstrem datang silih berganti. Belakangan ini banyak orang yang tertarik untuk makan daging busuk agar bisa rasakan sensasi mabuk.

Konsumsi daging mentah memang bukan hal yang baru. Di banyak makanan, daging mentah disajikan secara segar dengan cocolan saus atau sayuran. Seperti bistik tartar atau yukhoe, salad daging sapi mentah dari Korea.

Baca Juga: Kacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing Pita

Dilansir dari The Takeout (05/05), kini muncul tren makan daging yang tak kalah aneh. Orang-orang sengaja makan daging yang sudah membusuk, agar bisa mendapatkan efek mabuk seperti tengah mengonsumsi obat-obatan terlarang.

A groundhog eating a biscuitA groundhog eating a biscuit Foto: Getty Images/iStockphoto/toos

Menurut laporan dari IFL Science, beberapa orang mulai menyantap daging hewan yang sudah membusuk. Mereka sengaja menyimpan daging-daging itu selama berbulan-bulan, bahkan ada yang tahunan.

Tentu saja risiko kesehatannya cukup berbahaya. Kandungan bakteri yang mengendap di dalamnya, ditambah dengan warna daging yang sudah menghitam, aromanya yang bikin mual, sampai tekstur daging yang alot.

Tapi karena proses penyimpanan ini, banyak orang percaya bahwa daging-daging busuk tersebut bisa menimbulkan efek mabuk.

Mereka mengaku bahwa setelah menyantap daging yang membusuk. Rasa daging yang aneh, terasa lebih unik di lidah mereka. Ada sensasi euforia yang muncul setelah menyantap daging busuk tersebut.

A groundhog eating a biscuitA groundhog eating a biscuit Foto: Getty Images/iStockphoto/toos

IFL Sciences sendiri menyatakan bahwa belum ada penjelasan ilmiah yang pasti tentang fenomena ini. Apakah efek mabuk didapatkan dari efek plasebo dehidrasi atau delirium (perubahan cepat dalam fungsi otak).

Meski beberapa orang makan daging busuk untuk mengambil efek mabuknya. Banyak juga yang mengikuti tren aneh ini karena suka dengan rasa daging busuk.

Menurut mereka rasa daging busuk lebih enak, karena mirip seperti gurihnya keju.

"Ada juga yang menyebutkan bahwa makan daging busuk dipercaya dapat meningkatkan stamina pria. Seperti efek pada viagra," tulis The Takeout.

Duh! Makan Daging Busuk Agar Mabuk Jadi Tren Baru yang BerbahayaDuh! Makan Daging Busuk Agar Mabuk Jadi Tren Baru yang Berbahaya Foto: Stock Photo/Site News

Praktek makan daging busuk ini sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalu oleh suku asli di Kanada. Pada tahun 1953 dirilis satu jurnal yang menyebutkan konsumsi daging busuk di Kanada.

Tentunya tren makan daging busuk ini tidak disarankan oleh ahli kesehatan dan sebaiknya dihindari. Karena setiap daging yang sudah melalui proses pembusukan, mengandung bakteri yang berbahaya.

Serta memancing bakteri salmonella hingga staphylococcus aureus ke dalam tubuh, yang beresiko pada kematian.

Baca Juga: 4 Fakta Yukhoe, Olahan Daging Sapi Mentah Khas Korea



Simak Video "Bikin Laper: Salmon Miso Soup yang Super Creamy"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com