Kacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing Pita

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 25 Mar 2021 15:30 WIB
Kacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing Pita Foto: ViralPress
Jakarta -

Pria asal Thailand ini hobi makan daging sapi mentah. Akibatnya ia temukan cacing pita belasan meter bersarang di dalam perutnya.

Seorang pria asal Nong Khai, Thailand. Tak menyangka bahwa keluhan rasa sakit di bagian perutnya, ternyata disebabkan oleh cacing pita sepanjang 18 meter yang memenuhi bagian dalam perutnya.

Baca Juga: Hobi Makan Daging Mentah, Tubuh Wanita Ini Dipenuhi Cacing

Dilansir dari Daily Mail UK (25/03), pria berusia 67 tahun yang namanya tidak disebutkan ini. Awalnya tidak sadar bahwa masalah sakit perutnya ini cukup serius.

Kacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing PitaKacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing Pita Foto: ViralPress

Setelah pergi ke dokter, sample tinja miliknya kemudian diteliti di Disease Research. Hasilnya para dokter menemukan adanya 28 telur cacing pita di dalam tubuh pria itu.

Kemudian pria itu diberi obat cacing, untuk mengeluarkan cacing pita tersebut dari duburnya. Lewat video yang viral, tampak beberapa petugas medis terkejut saat mengukur seberapa panjang cacing pita tersebut.

"Ini merupakan jenis cacing pita bernama Taenia saginata bovine. Panjangnya lebih dari 18 meter. Sang pasien kami berikan obat cacing sebelum tidur, untuk memancing cacing ini keluar dari duburnya. Cacing pita ini sangat panjang sampai harus kami ukur di lantai," pungkas perwakilan Parasitic Disease Research Centre.

Kacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing PitaKacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing Pita Foto: iStock

Pihak dokter percaya bahwa cacing pita ini berasal dari daging sapi mentah yang biasa dimakan pasien tersebut.

Di Thailand sendiri, cacing pita ini merupakan penemuan terbesar di dunia medis Thailand selama 50 tahun terakhir. Untungnya nyawa pasien masih bisa diselamatkan. Dia juga disarankan untuk mengganti pola makannya.

"Transmisi cacing pita ini kemungkinan besar disebabkan dari kebiasaan pasien yang menyantap daging sapi mentah. Cacing parasit ini bisa hidup di dalam tubuh manusia selama lebih dari 30 tahun," ungkap Dokter Schawanya Rattanapitoon yang menangani kasus ini.

Kacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing PitaKacau! Hobi Makan Daging Sapi Mentah, Perut Pria Ini Penuh Cacing Pita Foto: ViralPress

"Akan tetapi, jarang sekali cacing pita yang bisa bertahan hidup karena dunia medis yang sudah canggih. Tapi berbeda dengan cacing satu ini. Cacing ini merupakan cacing pita terpanjang yang ditemukan di Thailand selama 50 tahun terakhir," lanjutnya.

Ia juga menyarankan agar keluarga pasien menjalankan sejumlah rangkaian tes. Untuk melihat apakah ada parasit yang hidup di dalam tubuh mereka.

"Kami menyarankan orang-orang untuk tidak menyantap daging mentah. Karena ini merupakan penyebab utama munculnya parasit dalam tubuh," pungkasnya.

Baca Juga: Makan Empedu Ular Mentah, Paru-paru Pria Ini Dipenuhi Cacing



Simak Video "Bikin Laper: Cicipi Masakan Pad Krapao yang Terkenal di Thailand"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com