Makan Empedu Ular Mentah, Paru-paru Pria Ini Dipenuhi Cacing

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 30 Apr 2020 13:30 WIB
Peternakan Ular China Foto: Istimewa
Jakarta -

Seorang penggemar makanan eksotik di China, paru-parunya dipenuhi cacing setelah ia menelan empedu ular yang masih mentah.

Seorang pria bernama Wang asal China, terkejut setelah menemukan banyaknya cacing yang menggerogoti paru-parunya.

Baca Juga: Akibat Makan Daging Mentah, Orang-orang Ini Tubuhnya Digerogoti Cacing Pita

-- Foto: Istimewa

Wang awalnya pergi ke salah satu rumah sakit di Suqian, Provinsi Jiangsu, karena ia merasa kesulitan bernapas selama beberapa bulan terakhir.

Dilansir dari Daily Mail UK (30/04), Wang akhirnya diperiksa dokter dan menjalankan pemeriksaan CT scans. Hasilnya dokter menemukan paru-parunya mengalami infeksi yang serius karena kebiasaan makannya.

Wang mengaku bahwa dia paling hobi menyantap seafood mulai dari udang karang hingga siput. Ia juga menyebutkan pernah memakan empedu ular yang masih mentah sebelumnya.

-- Foto: Istimewa

Wang pun akhirnya didiagnosa mengalami Paragonimiasis, yaitu infeksi parasit yang disebabkan makanan dan menyerang paru-paru.

Penyakit ini disebabkan dari kebiasaan menyantap hidangan laut yang masih mentah. Terutama daging hewan yang mengandung telur cacing pita atau minum air mentah yang tidak bersih.

Menurut Dokter Zhao Haiyan yang menangani kasus ini, infeksi dari parasit ini menyerang saluran pernapasan dan jika dibiarkan cukup berbahaya.

Wang harus menjalani rangkaian pengobatan untuk membersihkan cacing-cacing yang menginfeksi paru-parunya.

-- Foto: Istimewa

Kabar ini juga dikaitkan dengan pandemi virus Corona yang dikabarkan menyebar dari hewan liar. Meski kini China sudah berangsur pulih dari wabah virus Corona tapi pengamanan kesehatan bagi warganya masih ketat.

Tak hanya Wang yang memiliki cacing bawaan dari makanan di tubuhnya. Sebelumnya seorang wanita di Thailand juga mengalami masalah kesehatan yang serius. Tubuhnya dipenuhi cacing parasit yang timbul karena ia kerap memakan daging babi mentah.

Baca Juga: Hobi Makan Daging Mentah, Tubuh Wanita Ini Dipenuhi Cacing



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)