3 Tips Membuat Nasi Liwet Sunda yang Pulen Gurih

Odilia WS - detikFood
Selasa, 25 Agu 2020 15:00 WIB
Tips membuat nasi liwet Sunda
Foto: iStock

2. Ada 3 cara memasak nasi liwet Sunda

Untuk membuat nasi liwet Sunda atau nasi gurih bisa dipakai beberapa cara. Yang pertama dengan cara mengaron nasi. Setelah beras dicuci, tiriskan dahulu hingga agak kering. Kemudian panaskan santan secukupnya bersama sedikit, sesuaikan dengan jenis beras.

Tuangkan santan panas dalam beras lalu aduk-aduk hingga santan terhisap oleh beras. Tutup wadah dan diamkan hingga beras menyatu dengan santan. Pindahkan beras dalam kukusan panas, tambahkan daun salam, lengkuas, serai dan daun jeruk. Kukus dalam kukusan panas selama 30 menit.

Cara yang kedua dengan memakai kastrol atau panci aluminium khusus untuk nasi liwet. Taruh beras yang sudah dicuci bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas dan serai. Lalu tuangi santan.

Masak dengan api kecil hingga santan mendidih dan terhisap oleh beras. Cek jika beras masih belum matang, bisa ditambahkan santan panas. Aduk sekali-sekali dan tutup kastrol, jaga agar api tetap kecil dan masak hingga nasi liwet matang.

Cara terakhir yang paling praktis adalah memakai rice cooker atau magic com. Taruh beras yang sudah dicuci ke dalam mangkuk rice cooker. Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai dan lengkuas. Tuangi santan, sesuaikan dengan jenis berasnya.

Masak seperti memasak nasi biasa. Setelah nasi masak dan berpindah ke Warm. Aduk-aduk nasi hingga tercampur rata. Kerak nasi sering terbentuk di bagian bawah. Terutama jika sudah dibiarkan dalam posisi Warm lebih dari 3 jam.

Tips membuat nasi liwet SundaFoto: iStock

3. Lauk pelengkap nasi liwet Sunda

Untuk menyantap nasi liwet sunda bisa disajikan berbagai pilihan lauk seperti:


• Ayam goreng kuning, resepnya bisa dilihat di sini.
• Tumis jambal roti
• Cumi tumis cabe Ijo, resepnya ada di sini
• Aneka pepes (tahu,peda, oncom), pepes ikan mas bisa dilihat resepnya di sini.
• Udang atau cumi goreng
• Tumis teri pete
• Lalapan sayuran segar
• Sambal dadak (sambal ceurik, sambal tomat, sambal terasi)

Baca juga: 10 Masakan Sunda yang Terkenal Enak Ini Wajib Kamu Coba!



Simak Video "Jelang Ramadhan, Santri di Ciamis Gelar Festival Liwet Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)