3 Tips Membuat Nasi Liwet Sunda yang Pulen Gurih

Odilia WS - detikFood Selasa, 25 Agu 2020 15:00 WIB
Tips membuat nasi liwet Sunda Foto: iStock
Jakarta -

Nasi liwet Sunda paling enak dimakan beramai-ramai dengan keluarga. Meski lauknya sederhan tetapi rasanya yang pulen gurih bikin nagih.

Nasi liwet atau nasi gurih merupakan olahan nasi khas nusantara. Hampir tiap daerah mengenal ragam nasi gurih ini. Merupakan beras yang dimasak dengan santan dan sedikit rempah sehingga rasanya gurih dan aromanya harum.

Di Jawa Tengah dikenal nasi liwet tetapi dengan paduan lauk yang berbeda dengan nasi liwet Sunda. Nasi liwet Jawa disajikan dalam pincuk dengan lauk sambal goreng labu siam, opor ayam dan tahu, telur pindang dan sambal goreng. Racikan nasi ini populer di Solo dan Semarang.

Sementara di Jawa Barat, nasi liwet dimasak dengan cara diliwet atau beras dimasak dengan api kecil hingga matang perlahan. Biasanya dipakai panci kastrol yang terbuat dari aluminium dilengkapi tangkai. Setelah matang, lauk berupa tumis ikan teri asin ditaburkan di atasnya.

Baca juga: Ngeunah Pisan! Kulineran Sunda Makan Nasi Liwet dan Gurame Pesmol Sedap

Sekarang ada banyak cara menanak atau membuat nasi liwet Sunda. Bisa memakai kastrol atau panci aluminium, dikukus dengan kukusan atau dandang atau dimasak dengan rice cooker atau magic com. Lauk-pauknya bisa disesuaikan dengan selera. Kalau kamu ingin menyajikan nasi liwet Sunda komplet berikut ini 3 tips penting yang perlu diperhatikan.

Tips Membuat Nasi Liwet Sunda yang Pulen GurihFoto: iStock

1. Bahan nasi liwet Sunda

Pilih beras pulen atau jenis short grain yang bagus kualitasnya. Seperti pandan wangi, rojolele atau menthik. Cuci bersih beras sebelum ditanak dan tiriskan hingga agak kering.

Untuk membuat nasi liwet diperlukan beberapa bahan lain sebagai berikut:

Bahan :
  • 1 kg beras pulen, cuci, tiriskan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 3 lembar daun jeruk purut
  • 600 ml santan sedang
  • 1 sdt garam

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Nasi Liwet Sultan Setampah Seharga Rp 265 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com