Ini Restoran Pertama di Swedia yang Meraih Tiga Bintang Michelin

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 21 Feb 2018 13:32 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Untuk pertama kali Michelin Star memberikan tiga bintang ke sebuah restoran di Swedia. Restoran Frantzen di Stockholm yang beruntung menerimanya.

Salah satu penghargaan restoran yang diakui oleh dunia internasional adalah penghargaan Michelin Star. Michelin Star dianggap sebagai penghargaan tertinggi untuk restoran dan chef. Karenanya banyak orang dan restoran yang berlomba-lomba untuk mendapatkan penghargaan bintang dari Michelin.

Baca Juga: Tak Nyaman dengan Predikat Michelin Star, Pemilik Resto Ingin Kembalikan Bintangnya

Ini Restoran Pertama di Swedia yang Meraih Tiga Bintang MichelinFoto: Istimewa

Di tahun 2018 ini untuk pertama kalinya, Swedia memiliki restoran dengan penghargaan 3 bintang Michelin. Michelin, perusahaan yang terkenal dengan produksi ban mobil asal Prancis ini baru saja meluncurkan Michelin Stars 2018 untuk negara-negara Nordik, termasuk Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Islandia.

Dari daftar beberapa negara Nordik itu, hanya restoran Frantzen yang terletak di Stockholm, ibu kota Swedia, yang mendapatkan penghargaan Michelin ini. Chef Björn Frantzén membuka kembali restorannya pada bulan September tahun lalu, setelah sempat menutupnya di tahun 2016 silam untuk pindah ke tempat yang lebih luas. Namun, restoran Frantzen di tempat yang baru hanya mendapatkan dua bintang dari Michelin, sehingga dia memutuskan untuk membuka kembali restoran yang lama.

Ini Restoran Pertama di Swedia yang Meraih Tiga Bintang MichelinFoto: Istimewa

"Bjorn Frantzén telah menciptakan kreasi unik dari makanan khas Nordik. Dia menggabungkan bahan-bahan makanan dengan teknik kuliner yang menakjubkan." Ungkap Michael Ellis, selaku direktur internasional dari Michelin Guide.

Dilansir dari Eater (19/02/18), The Nordic Guide 2018 yang dikeluarkan oleh Michelin menampilkan total 64 restoran berbintang, termasuk tiga restoran bintang tiga, tujuh restoran bintang dua, dan 54 restoran bintang satu. Meski beberapa daftar restoran masih sama dengan panduan dari tahun 2017, namun ada beberapa tambahan restoran baru di wilayah Swedia dan Denmark.

Ini Restoran Pertama di Swedia yang Meraih Tiga Bintang MichelinFoto: Istimewa

Denmark dan Swedia terkenal memiliki restoran yang paling banyak dikunjungi dari panduan Michelin, dengan masing-masing 26 restoran. Hingga saat ini Michelin masih merangkai daftar lengkap untuk restoran-restoran dengan bintang Michelin di negara-negara Nordik tahun ini.

Baca Juga : Resto Sushi dengan 9 Bangku Ini Berhasil Raih Bintang 3 Michelin (sob/odi)