Resto Sushi dengan 9 Bangku Ini Berhasil Raih Bintang 3 Michelin

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 03 Okt 2017 12:46 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - The Araki menambah deretan resto berbintang 3 Michelin di London. Resto sushi ini hanya menerima 9 tamu dengan harga bersantap per orang Rp 4,7 juta!

The Araki dibuka tahun 2014 di Regent Street, London. Adalah Mitsuhiro Araki, chef yang membawa restoran ini memenangkan bintang 3 Michelin. Restoran kini resmi terdaftar pada Michelin Great Britain & Ireland yang diumumkan kemarin (2/10).

Sebelumnya Araki memiliki restoran yang sama di Tokyo dengan predikat bintang 3 Michelin. Langkahnya memperkenalkan restoran "edomae sushi" ke London ini ternyata juga berhasil meraih bintang tertinggi Michelin Guide.

Resto Sushi dengan 9 Bangku Ini Berhasil Raih Bintang 3 MichelinFoto: Istimewa

Baca Juga: Pemilik Resto Ini Minta Predikat Bintang Michelin-nya Dicabut, Loh Kenapa Ya?

Dikutip dari The Telegraph (2/10), Michael Ellis selaku Direktur Internasional Michelin Guide mengatakan, "Dengan kapasitas hanya 9 orang, The Araki semakin bagus dan bagus." Ellis melanjutkan, "Ketika Mitsuhiro Araki pindah ke London dari Tokyo tahun 2014, mereka menantang 'dirinya' dengan memakai ikan Eropa sebagai bahan utama sushi dan sushi-nya kini sangat berkualitas."

Dari keterangan situs resminya, The Araki hanya menjual edomae sushi Jepang yang sudah ada sejak 200 tahun lalu. Araki menyiapkan sushi tersebut mengikuti tata cara tradisi upacara teh yang melegenda di sana.

Menu The Araki hanya satu yaitu set menu "omakase" dengan harga 300 euro per orang atau sekitar Rp 4,7 juta. Restoran juga memberi catatan tidak bisa melayani permintaan khusus terkait diet makanan.

Selain The Araki, restoran yang juga baru meraih bintang 3 Michelin di Inggris adalah Fat Duck dari Heston Blumenthal, Alain Roux's Waterside Inn in Bray, Alain Ducasse at the Dorchester dan Restaurant Gordon Ramsay dibawah kepemimpinan chef baru Matt Abe.

Resto Sushi dengan 9 Bangku Ini Berhasil Raih Bintang 3 MichelinFoto: Istimewa

Baca Juga: Restoran Berbintang Michelin Ini Sajikan Makanan di Atas iPad Sungguhan

Dua puluh restoran di Inggris kini punya 2 bintang Michelin, termasuk restoran baru Claude Bosi di Bibendum dan Chelsea. Sementara bintang 1 Michelin kini dimiliki 17 restoran di Inggris. Sehingga total ada 150 restoran di Inggris yang berbintang Michelin.

Pengamat kuliner Keen Michelin menyadari semakin banyak restoran kasual mendapat penghargaan bintang Michelin, namun bukan berarti kriteria penilaian Michelin berubah. "Tidak ada perubahan apapun mengenai kriteria restoran yang mendapat bintang Michelin," ujar juru bicara Michelin Guide.

"The Michelin Guide merefleksikan apa yang terjadi dalam hal menyantap makanan di luar. Dan pasti ada pergeseran untuk menikmati pengalaman makan lebih kasual selama 10-15 tahun terakhir. Michelin bangga menjadi yang terdepan dalam mengenali restoran berkualitas dan merayakannya selama bertahun-tahun," pungkas si juru bicara.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com