5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersama Teh, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

5 Makanan Ini Sebaiknya Tak Dikonsumsi Bersama Teh, Ini Alasannya

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 25 Jan 2023 05:00 WIB
Penuh Khasiat! Minum 5 Teh Ini Bantu Atasi Tekanan Darah Tinggi
Foto: Getty Images
Jakarta -

Minum teh enaknya ditemani oleh kudapan lain. Sayangnya, tidak semua makanan cocok dinikmati bersama teh. Ada makanan yang sebaiknya dihindari, seperti 5 makanan ini.

Sebagian orang menjadikan teh sebagai minuman sehari-hari mereka. Mau saat sarapan ataupun sore hari, teh dirasa akan lebih enak jika dinikmati bersama dengan kudapan pendamping.

Biasanya banyak orang minum teh sembari mengonsumsi camilan seperti roti maupun biskuit. Ada juga mereka yang suka menikmati sarapan tehnya dengan telur. Meskipun begitu, pastikan makanan pendamping yang dipilih aman untuk dikonsumsi bersama minuman kafein ini.

Karena ada beberapa makanan yang sebenarnya tidak cocok dikonsumsi berbarengan dengan teh. Merangkum Time of India (02/06/2021), ini 5 makanan yang sebaiknya dihindari konsumsinya bersama dengan teh.

1. Makanan Kaya Zat Besi

Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat BadanSayuran hijau sebaiknya tidak dikonsumsi berbarengan dengan teh karena bisa berbahaya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970

Makanan yang mengandung zat besi mungkin diperlukan untuk kesehatan tubuh. Biasanya ini dikonsumsi untuk mencegah anemia hingga menjaga sistem pencernaan. Meskipun begitu, konsumsinya bersamaan dengan teh bukanlah ide yang baik.

Teh merupakan minuman yang mengandung tanin dan oksalat yang dapat menghalangi penyerapan zat besi dari makanan yang mengandung zat besi. Senyawa tersebut mampu mengikat zat besi yang terkandung dalam sayuran tersebut dan mencegah penyerapannya dalam darah.

Beberapa makanan mengandung zat besi yang harus dihindari mulai dari kacang-kacangan, sayuran hijau seperti brokoli, kale, bayam, dan makanan laut.

2. Lemon

Lemon sering dikonsumsi pelaku diet. Akhirnya, lemon juga sering dijadikan campuran pada teh sebagai pilihan yang lebih sehat.

Namun sebenarnya, teh tidak cocok jika dikombinasikan dengan lemon. Bukan perihal rasanya, melainkan kandungan yang tercampur antara minuman dan lemon ini.

Teh yang dikonsumsi bersama lemon bisa membuat minuman tersebut menjadi lebih asam sehingga mampu menyebabkan perut kembung. Campuran tersebut juga bisa menyebabkan masalah refluks asam dan mulas saat dikonsumsi pagi hari.

Meskipun ada beberapa orang percaya jika teh lemon bisa membantu menurunkan berat badan, namun lebih baik dihindari terutama oleh mereka yang punya perut sensitif terhadap asam.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT