5 Minuman Khas Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

ADVERTISEMENT

Kuliner Imlek Peranakan

5 Minuman Khas Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 22 Jan 2023 08:00 WIB
5 Minuman Khas Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan
Foto: Getty Images
Jakarta -

Selain makanan, ada juga minuman yang sering disajikan saat perayaan Tahun Baru Imlek. Beberapa minuman ini dikenal sehat dan dipercaya mampu membawa keberuntungan.

Tahun Baru Imlek menjadi salah satu hari yang dinanti-nanti oleh masyarkat China di seluruh dunia. Dalam merayakan hari besar tersebut, biasanya ada hidangan-hidangan spesial yang tidak boleh dilewatkan. Tak hanya makanan saja, tetapi juga minuman menjadi sajian spesial Imlek

Dalam budaya Tionghoa, minum merupakan salah satu hal tentang menghilangkan dahaga serta membawa keberuntungan dan kemakmuran. Karenanya setiap tegukan minuman tradisional ini akan melambangkan harapan yang baik hingga mendapatkan rezeki panjang di tahun mendatang.

Melansir thechinesezodiac.org, berikut 5 minuman khas Imlek yang dikenal mampu membawa keberuntungan hingga umur panjang.

1. Teh Cina

5 Minuman Khas Imlek yang Dipercaya Membawa KeberuntunganTeh Cina yang terbuat dari tanaman Camellia Sinensis ini tentu menjadi menu minuman wajib perayaan Imlek. Foto: Getty Images

Budaya China memang tidak terlepas dari tradisi minum teh mereka. Karenanya, sajian teh tampaknya sudah menjadi minuman wajib saat merayakan Tahun Baru Imlek. Salah satu jenis teh yang kerap disajikan yaitu teh cina.

Teh Cina yang biasanya diambil dari tanaman Camellia Sinensis ini memiliki aroma dan rasa hangat yang menenangkan. Itu juga bermanfaat untuk meningkatkan ketentraman dan ketenangan dalam jiwa yang sempurna untuk memulai tahun baru.

Daun teh Cina yang menyerupai batangan emas dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran. Teh dalam Bahasa Mandarin disebut dengan "Cha" yang merupakan homofon dari kata "kekayaan."

Untuk itu, teh China diminum saat perayaan Imlek. Harapannya mampu mengundang kekayaan dan nasib baik dalam hidup.

2. Teh Bunga Krisan

Selain teh Cina, teh bunga krisan juga menjadi sajian spesial Imlek. Teh ini merupakan minuman tradisional yang dibuat dari bunga krisan yang biasanya punya kelopak bunga berwarna kuning.

Teh bunga krisan dipercaya membawa keberuntungan tahun baru serta mampu menghilangkan energi negatif. Orang China menganggap minuman ini seperti jimat keberuntungan.

Terlepas dari filosofinya, minum teh krisan juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Dari aroma tehnya saja sudah mampu membuat tubuh merasa rileks. Teh ini juga memiliki sifat detoksifikasi yang akan mengeluarkan racun-racun jahat dalam tubuh.

Tak heran jika orang China memilih minuman ini sebagai sajian wajib saat Imlek. Bahkan manfaat teh krisan sudah diakui sebagai teh pengobatan tradisional sejak dinasti Song.



Simak Video "Kelezatan Aneka Sajian Imlek, Ada Poon Choi hingga Bebek Panggang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT