Rutin Minum Jus Apel Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Rutin Minum Jus Apel Bisa Turunkan Berat Badan, Ini Alasannya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 23 Jan 2023 05:00 WIB
jus apel bisa menurunkan berat badan
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Ada beberapa minuman yang dapat membantu turunkan berat badan. Salah satunya adalah jus apel yang baik dikonsumsi secara rutin. Ini alasanya.

Cara menurunkan berat badan banyak sekali metodenya. Kamu bisa mengikuti program diet tertentu untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Di antaranya seperti mengontrol porsi makan hingga menghindari makanan berkalori tinggi.

Beberapa minuman juga disebut dapat membantu proses menurunkan berat badan. Seperti jus buah apel yang menyegarkan untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Ini 7 Jus Buah dan Sayuran yang Bisa Lunturkan Lemak, Bagus Buat Diet!

jus apel bisa menurunkan berat badanjus apel bisa menurunkan berat badan Foto: Getty Images/iStockphoto

Dilansir dari Food NDTV (17/1), jus apel disebut bisa menurunkan berat badan jika dikonsumsi secara rutin. Sebuah penelitian menunjukkan kalau jus apel dapat melunturkan lemak perut yang baik untuk diet.

Penelitian tersebut dipublikasi pada Journal of Oleo Science. Peneliti mengklaim bahwa jus apel dapat secara signifikan mengurangi lemak perut dalam hitungan minggu. Para peneliti sampai pada kesimpulan tersebut setelah melakukan penelitian secara acak untuk memeriksa asupan jangka panjang polifenol yang berasal dari buah apel.

Sebanyak 124 peserta menjadi partisipan dalam penelitian dan dibagi menjadi dua kelompok. Setiap hari, satu kelompok disuguhi sekitar 340 gram minuman apel kaya polifenol dan kelompok lainnya mengonsumsi minuman tanpa polifenol. Setelah 12 minggu, diketahui bahwa area lemak visceral (VFA) dari subjek dalam 'kelompok apel' telah menurun secara signifikan.

Baca Juga: 5 Menu Diet Geni Halilintar, Ibu Keluarga Gen Halilintar yang Langsing!

Polifenol sendiri adalah senyawa tumbuhan alami yang ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran. Apel dianggap sebagai sumber senyawa yang sangat baik dan itulah mengapa apel digunakan dalam uji klinis ini.

Sementara polifenol memainkan peran utama dalam proses tersebut, apel juga memiliki kandungan sehat lainnya. Salah satunya, apel mengandung kalori yang rendah, dalam 100 gram apel hanya mengandung 50 kcal.

Apel juga kaya akan serat, terutama serat pektin. Kandungan serat ini dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan metabolisme, meningkatkan pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Perlu dicatat jus apel yang dianjurkan adalah jus apel segar bukan jus apel kemasan atau botolan yang umumnya sudah ditambahkan gula.

Baca Juga: 5 Jus Sayuran Terbaik untuk Hempaskan Lemak Perut dan Turunkan BB



Simak Video "Segarnya Jus Delima, Pas untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT