5 Hal yang Bakal Terjadi pada Tubuh Jika Makan Roti Tiap Hari

ADVERTISEMENT

5 Hal yang Bakal Terjadi pada Tubuh Jika Makan Roti Tiap Hari

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 18 Jan 2023 07:00 WIB
Laris Banget! Roti Tawar Jepang Rp 277 Ribu Ludes dalam Waktu Singkat
Foto: Ginza Nishikawa
Jakarta -

Roti sering dijadikan menu sarapan sehari-hari. Di satu sisi konsumsi makanan ini memberi energi, tapi di sisi lain bakal ada dampak pada tubuh jika makan roti setiap hari.

Selain nasi putih, banyak orang Indonesia juga suka sarapan roti. Bahkan mereka juga sering ngemil roti untuk mengganjal perut. Banyak macam-macam roti yang digemari mulai dari roti tawar dengan selai, roti dengan isian cokelat atau keju, sampai roti burger.

Sebagian orang lebih memilih untuk makan roti karena manfaatnya kesehatannya. Makanan yang cukup mengenyangkan ini mengandung vitamin B1, B2, sejumlah mineral, zat besi, hingga kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Meskipun roti bermanfaat untuk kesehatan, tetapi ada juga beberapa kerugian yang bisa disebabkan jika makan roti setiap hari. Dalam jumlah yang wajar, mungkin roti bukanlah menjadi masalah. Beda halnya jika roti dimakan terlalu banyak.

Merangkum healthdigest.com (25/05/2021), berikut 5 hal yang akan terjadi pada tubuh jika roti dikonsumsi setiap hari:

1. Roti Bisa Memicu Jerawat pada Wajah

Ilustrasi JerawatSalah satu dampak jika terlalu banyak makan roti yaitu munculnya jerawat pada kulit. Foto: Shutterstock/

Konsumsi roti bisa memicu masalah kulit wajah. Salah satunya terlihat dari kemunculan jerawat hingga bruntusan pada wajah.

Dermatologis Michele Green mengungkap jika pola makan dan jerawat menjadi hal yang kontroversial. Tetapi beberapa penelitian terbaru menunjukkan jika pola makan memainkan peran yang signifikan terhadap perkembangan jerawat.

Beberapa orang yang punya kondisi wajah berjerawat biasanya disebabkan karena mereka lebih sering konsumsi karbohidrat rafinasi atau karbohidrat olahan termasuk roti, biskuit, sereal, pasta, nasi, mie, hingga minuman manis.

Dengan banyak konsumsi makanan ini, itu bisa membuat tubuh menyerap karbohidrat olahan secara lebih cepat sehingga mampu meningkatkan kadar gula darah sekaligus kadar insulin.

Karenanya jika merasa wajah sudah mulai bruntusan atau jerawatan, bisa jadi ini karena seseorang sudah konsumsi roti dalam jumlah banyak. Lebih baik untuk mengurangi konsumsinya.

2. Roti Bisa Menambah Berat Badan

Menurut Healthline, konsumsi roti bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Salah satu jenis roti yang bisa mempengaruhinya ialah roti tawar putih yang secara spesifik dibuat dengan banyak gula tambahan.

Sebuah studi yang diunggah ke BMC Public Health menunjukkan jika makan dua potong roti tawar putih bisa meningkatkan 40% risiko kenaikan berat badan hingga obesitas.

Karbohidrat memang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi mengonsumsinya dalam jumlah banyak bukanlah pilihan tepat. Jika memang ingin konsumsi roti sebaiknya ditukar ke roti gandum misalnya, yang punya lebih banyak nutrisi.



Simak Video "Gurih Manis Bakery Jadul Kekinian, Pertahankan Resep Leluhur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT