Konsumsi 5 Makanan Rendah Natrium Ini Bisa Sehatkan Jantung

ADVERTISEMENT

Konsumsi 5 Makanan Rendah Natrium Ini Bisa Sehatkan Jantung

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 17 Jan 2023 05:00 WIB
Ilustrasi Sayuran
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Konsumsi makanan tinggi natrium atau tinggi garam tidak baik untuk kesehatan jantung. Jika ingin meningkatkan kesehatan jantung, lebih baik pilih 5 makanan ini.

Makanan yang tinggi natrium tentunya tidak baik untuk kesehatan. Natrium sendiri merupakan mineral penting yang hanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil. Karenanya, jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan tekanan darah tinggi hingga meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit berbahaya mulai dari penyakit jantung, stroke, hingga gagal ginjal.

Seiring dengan bertambahnya usia, tekanan darah pun akan meningkat. Memantau asupan natrium akhirnya menjadi penting untuk diperhatikan. Kandungan natrium terdapat pada beberapa makanan seperti roti, pizza, sandwich, atau seperti makanan yang dijual di restoran cepat saji.

Jika ingin melindungi kesehatan jantung, sebaiknya pilih makanan rendah natrium. Dengan konsumsi makanan rendah natrium, tentunya akan membuat perubahan berbeda, termasuk membantu menjaga asupan garam harian.

Makanan rendah natrium yang bisa dikonsumsi mulai dari sayuran hingga buah-buahan. Merangkum goodhousekeeping.com (2304/2021), ahli gizi mengungkap 5 makanan rendah natrium yang bisa dikonsumsi.

1. Sayuran

Ilustrasi sayuran yang tidak boleh dikonsumsi pengidap asam urat.Sayuran, terutama sayuran hijau secara signifikan akan bermanfaat pada kesehatan jantung. Foto: Louis Hansel/Unsplash

Sayuran mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun secara khusus, rutin konsumsi sayuran mampu membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Penelitian menunjukkan jika seseorang meningkatkan konsumsi sayuran terutama pada sayuran hijau seperti bayam maupun brokoli, ini secara signifikan akan bermanfaat pada kesehatan jantung.

Selain sayuran hijau, kamu bisa mengonsumsi sayuran yang secara alami rendah natrium seperti mentimun, kacang hijau, terong, asparagus, hingga bawang putih. Pastikan juga sayuran dimasak dengan cara yang benar. Akan lebih baik jika direbus saja atau dimasak dengan air fryer dibandingkan harus digoreng dengan minyak.

2. Bumbu Herbal dan Rempah-Rempah

Tak hanya bahan makanan utuh, tetapi serangkaian bahan seperti bumbu herbal dan rempah-rempah juga menjadi pilihan yang tepat untuk menjadi opsi makanan rendah natrium.

Jika sedang masak suatu hidangan, akan lebih baik jika dibumbui dengan tambahan rempah-rempah atau bahan herbal dibandingkan dengan tambahan gula dan garam. ini juga sekaligus akan memperkaya rasa dari hidangan tersebut.

Tetapi kalau memang ingin memasak dengan tambahan herbal atau rempah-rempah, sebaiknya pilih bahan-bahan yang memang alami tanpa campuran pengawet atau bahan lain. Karena banyak bumbu siap pakai seperti ini yang ditemui di supermarket biasanya sudah diberi bahan tambahan.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT