5 Makanan Nabati Ini Bisa Jadi Pengganti Daging yang Lebih Sehat

ADVERTISEMENT

5 Makanan Nabati Ini Bisa Jadi Pengganti Daging yang Lebih Sehat

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 18 Jan 2023 05:00 WIB
burger tahu
Foto: Getty Images/iStockphoto/Pat_Hastings
Jakarta -

Konsumsi daging perlu diwaspadai agar tak merugikan kesehatan. Jika ingin mengurangi konsumsi daging dan beralih ke makanan nabati, 5 makanan ini bisa dicoba.

Selain daging ayam dan ikan, protein seperti daging sapi dan kambing juga cukup digemari banyak orang. Daging pun bisa diolah menjadi hidangan bervariasi seperti dibuat menjadi semur, sop, hingga steak. Daging juga sebenarnya memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh seperti menjadi sumber protein, zat besi, sampai vitamin B12.

Diketahui protein yang terdapat pada 100 gram daging sapi sebesar 26 gram.

Sayangnya daging yang dikonsumsi dalam jumlah banyak bukanlah hal yang baik. Kebiasaan ini bisa memicu masalah kolesterol tinggi, meningkatkan tekanan darah, hingga berisiko terhadap penyakit kanker.

Selain dampak buruknya itu, beberapa orang juga menghindari daging karena mereka ingin beralih menjadi seorang vegetarian dan vegan.

Sebenarnya ada beberapa makanan yang bisa menjadi pengganti daging asli yang tak kalah enak. Makanan ini juga menjadi pilihan yang lebih sehat mulai dari tahu, tempe, hingga beberapa protein nabati lainnya.

Jika ingin beralih ke yang lebih sehat, merangkum krishijagran.com (05/01), berikut 5 makanan nabati pengganti daging:

1. Tahu

Resep Tumis Tahu dan Sayuran Bumbu KacangPengganti daging yang enak dimasak dan bisa diolah menjadi berbagai hidangan, salah satunya tahu. Foto: iStock

Tahu dikenal sebagai makanan yang enak, murah, dan bergizi. Tahu merupakan olahan kacang kedelai yang memiliki tekstur lembut seperti spons.

Tahu bisa menjadi protein pengganti daging yang dapat dengan mudah dibumbui. Dalam 100 gram tahu tersedia 8 gram protein. Tahu bisa digoreng, ditumis dengan beberapa bumbu, hingga ditambah ke dalam sup atau semur.

Bahkan tahu juga bisa dibentuk menjadi daging dan dijadikan sebagai hidangan burger tahu yang enak dan lebih sehat.

2. Tempe

Mirip dengan tahu, tempe juga merupakan bahan makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Hanya saja tempe melalui proses fermentasi terlebih dahulu hingga menghasilkan tekstur yang lebih padat.

Tempe dikenal sebagai sumber protein, serat, vitamin, sampai mineral yang penting untuk tubuh. Kandungan protein pada tempe cukup, dalam 100 gram tempe terdapat 19 g protein.

Tempe pun mudah diolah menjadi beberapa hidangan enak. Jika punya tempe di rumah, bisa dimasak dengan cara dipanggang, ditumis, atau bahkan bisa menjadi pengganti daging giling pada masakan seperti taco tempe.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT