7 Camilan Terbaik untuk Turunkan Berat Badan Versi Ahli Gizi

ADVERTISEMENT

Diet Sehat Turun BB

7 Camilan Terbaik untuk Turunkan Berat Badan Versi Ahli Gizi

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 08 Jan 2023 06:00 WIB
Almond Milk
Foto: iStock
Jakarta -

Saat diet, kamu tetap boleh ngemil untuk mengisi perut di sela-sela waktu makan utama. Tak usah ragu mengonsumsi camilan, ini 7 camilan terbaik untuk turunkan berat badan.

Kesalahan fatal saat diet adalah menganggap camilan sama sekali tidak boleh dikonsumsi, padahal nyatanya tidak. Camilan tetap boleh dikonsumsi, bahkan 2 kali sehari di sela waktu makan pagi menuju siang dan makan siang menuju malam.

Mengonsumsi camilan berfungsi penting dalam mengontrol rasa lapar sehingga ketika makan utama, kamu tak makan berlebihan. Selain itu, konsumsi camilan juga membantu tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi yang diperlukan.

Tentu saja tak semua camilan bisa dikonsumsi saat kamu sedang diet menurunkan berat badan. Porsinya juga dibatasi, biasanya sekitar 200 kalori per menu. Camilan yang dipilih harus yang sehat dan mengandung nutrisi yang mendukung penurunan berat badan.

Mengutip Eating Well (25/10), ahli gizi Novella Lui mengungkap 7 camilan terbaik untuk turunkan berat badan:

1. Almond

Kacang-kacangan sangat direkomendasikan sebagai camilan diet, terutama almond. Kacang tinggi serat, protein, dan lemak sehat yang bisa menekan rasa lapar lebih lama.

Mengonsumsinya juga bagus untuk kesehatan jantung dan bahkan membantu mengurangi lemak perut. Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengungkap dalam 1 porsi penyajian almond seberat 28 gram biasanya berisi 23 butir almond.

Jumlah tersebut mengandung 172 kalori, 3 gram serat, dan 6 gram protein. Memakan almond bisa begitu saja atau dalam bentuk selai sebagai olesan potongan apel. Dijamin nikmat!

2. Buah Anggur

Anggur memang secara alami tinggi gula, namun konsumsinya bagus sebagai camilan diet untuk memuaskan keinginan makan manis yang sulit diredam. Menurut USDA, satu cangkir anggur mengandung sekitar 100 kalori. Batasi konsumsinya dalam jumlah sekitar itu.

Agar lebih enak, kamu bisa mengonsumsi anggur dalam keadaan beku. Coba taruh di freezer sebagai stok camilan atau konsumsi bersama irisan keju jika ingin sensasi rasa nikmat berbeda.

3. Cokelat

Dark Chocolate with Chunks on Wood TableFoto: Istock

Saat diet, bukan berarti kamu tak boleh mengonsumsi makanan favorit sama sekali, termasuk cokelat. Cokelat dianggap sebagai 'hadiah kecil' saat diet yang bisa membuat kamu semangat diet dan berujung berhasil melaluinya. Hanya saja porsinya memang tidak boleh banyak dan bukan cokelat yang ditambah banyak gula.

Sebuah penelitian tahun 2022 yang dimuat dalam Journal of Cognition mengatakan diet cenderung gagal saat kamu menghindari penuh konsumsi makanan favorit atau memberi label buruk untuk makanan yang memang kamu sukai dan terkenal 'tak sehat'. Pada dasarnya diet adalah soal mengonsumsi makanan secara seimbang.

4. Popcorn

Camilan terbaik untuk turunkan berat badan ini adalah camilan sejuta umat saat nonton bioskop. Popcorn disebut ideal untuk camilan diet karena tinggi serat dan mengandung sedikit protein. Dalam 3 cup popcorn mengandung sekitar 110 kalori, 4 gram serat, dan hampir 3 gram protein menurut USDA.

Popcorn yang berbahan jagung ini dianggap lebih ideal dikonsumsi pelaku diet yang ingin camilan renyah, ketimbang membeli keripik kentang kemasan. Pastikan memilih popcorn yang original, bukan yang diberi balutan rasa karamel, keju, atau yang lainnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT