Rutin Minum 5 Jenis Teh Ini Bisa Bantu Lunturkan Lemak Tubuh

ADVERTISEMENT

Diet Sehat Turun BB

Rutin Minum 5 Jenis Teh Ini Bisa Bantu Lunturkan Lemak Tubuh

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 07 Jan 2023 08:00 WIB
5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya Maksimal
Foto: Getty Images
Jakarta -

Menurunkan berat badan dapat dilakukan secara alami dengan rutin minum teh. Beberapa jenis teh ini mengandung antioksidan yang bisa melunturkan lemak tubuh.

Teh merupakan minuman yang terbuat dari tanaman Camellia Sinensis. Racikan minuman ini sudah dinikmati sejak ratusan tahun lalu untuk mendapatkan manfaat kesehatannya,.

Teh mengandung banyak senyawa antioksidan, seperti kafein, katekin dan polifenol. Senyawa tersebutlah yang berperan untuk meningkatkan metabolisme sehingga memperlambat pembentukan sel lemak.

Karenanya, minum teh secara rutin pun dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat teh ini bahkan telah dibuktikan oleh banyak penelitian.

Dikutip dari Insider (0710/22) berikut 5 jenis teh peluntur lemak tubuh:

1. Teh Hijau

5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya MaksimalTeh hijau mengandung katekin dan kafein. Foto: Getty Images

Teh hijau mengandung katekin dan kafein. Dua senyawa tersebutlah yang berperan untuk meningkatkan metabolisme. Menurut penelitian, kafein di dalamnya ampuh membakar lemak.

Manfaat teh hijau ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2005. Dalam penelitian itu ditemukan bahwa mengonsumsi teh hijau selama 3 bulan bisa bantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Kisah Sukses Selebriti Turunkan Berat Badan dengan Makan Sehat

2. Teh Hitam

Teh hitamTteh hitam juga kaya akan antioksidan. Foto: iStock

Sama seperti teh hijau, teh hitam juga kaya akan antioksidan. Khususnya polifenol yang berperan untuk mengurangi risiko diabetes. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian tahun 2014.

Para peneliti menemukan bahwa polifenol dalam teh bisa menyerap lemak dan gula, sehingga mengurangi asupan kalori dan mendukung penurunan badan. Penelitian lain juga menemukan hal yang sama.

Seseorang yang minum tiga cangkir teh hitam sehari tiga cangkir bisa mengurangi risiko kenaikan berat badan dan mengurangi lingkar pinggang sekitar 2 cm.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT