Daftar 5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

ADVERTISEMENT

Daftar 5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 29 Des 2022 05:00 WIB
Pola makan sehat
Foto: iStock
Jakarta -

Penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan sembarangan karena harus mencegah naiknya kadar gula darah. Jika bingung mencari yang aman, 5 makanan ini termasuk di antaranya.

Para penderita diabetes perlu mengontrol kadar gula darah mereka demi menjaga kesehatan. Salah satu kuncinya adalah dengan mengubah pola makan menjadi lebih sehat.

Mereka harus menghindari makanan tinggi gula, lemak, dan natrium. Sebaliknya, makanan-makanan yang dikonsumsi harus rendah lemak dan kalori yang mampu membantu mengatur kadar gula darah.

Jika ingin mengonsumsi makanan yang aman dikonsumsi penderita diabetes, berikut 5 pilihannya seperti dirangkum dari sportskeeda.com (25/12):

1. Sayuran Hijau

Makanan untuk Diet: 10 Sayuran Hijau Terbaik untuk Turunkan Berat BadanMakan sayuran hijau menjadi pilihan terbaik bagi penderita diabetes karena sayuran ini rendah kalori dan karbohodrat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonchuay1970

Secara umum, sayuran mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi bagi penderita diabetes ada jenis sayuran yang aman dikonsumsi. Sayuran itu adalah sayuran hijau.

Sayuran hijau kaya akan serat yang dapat membantu menyehatkan sistem pencernaan sehat hinga mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit.

Sayuran hijau juga rendah akan kalori dan karbohidrat sehingga bisa jadi pilihan tepat untuk penderita diabetes. Dikemas dengan berbagai vitamin, seperti vitamin C, mineral, dan zat besi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sayuran hijau mengandung karbohidrat dalam jumlah sedikit, tetapi mengandung serat dalam jumlah tinggi. Sayuran ini bisa diolah menjadi salad yang enak atau direbus.

2. Kacang

Kacang menjadi sumber protein, serat, dan vitamin yang bagus untuk kesehatan. Kacang juga rendah akan kalori dan lemak.

Jika merasa lapar dan ingin ngemil sehat, penderita diabetes bisa mengonsumsi kacang karena indeks glikemiknya yang rendah. Kacang juga mengandung zat besi, tinggi akan antioksidan, dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kacang bisa dijadikan camilan, atau beberapa jenis juga bisa direbus hingga dicampur dengan yogurt tanpa lemak. Jenis kacang spesifik yang bisa dikonsumsi adalah almond, walnut, dan kacang tanah.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT