Minum Teh Hijau Mampu Turunkan Kadar Gula Darah dan Sehatkan Usus

ADVERTISEMENT

Minum Teh Hijau Mampu Turunkan Kadar Gula Darah dan Sehatkan Usus

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 22 Des 2022 06:00 WIB
5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya Maksimal
Foto: Getty Images
Jakarta -

Teh hijau dikenal punya sejuta manfaat bagi kesehatan. Studi terbaru menemukan konsumsi minuman ini bisa membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus menjaga kesehatan usus. Ini penjelasannya.

Berbagai jenis teh dikenal punya manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh, tak terkecuali teh hijau. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa teh hijau menuai banyak manfaat mulai dari melunturkan lemak, meningkatkan fungsi otak, hingga mencegah risiko kanker.

Menurut ahli gizi dari Health Canal, teh hijau dikenal punya kandungan polifenol yang bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah. Adapun penelitian terbaru juga menunjukkan hasil penelitian jika konsumsi teh hijau benar bisa menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan usus.

Merangkum thehealthy.com (17/11), berikut 3 penjelasan mengenai manfaat teh hijau terkait penurunan kadar gula darah serta meningkatkan kesehatan usus.

1. Penelitian Mengenai Teh Hijau

5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya MaksimalPenelitian terbaru menemukan jika konsumsi teh hijau bisa membantu menurunkan kadar gula darah serta menjaga kesehatan usus. Foto: Getty Images

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsumsi teh hijau dengan peningkatan kesehatan jantung. Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan flavonoid yang ada pada minuman tersebut serta antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol jahat.

Teh hijau juga mampu meningkatkan kesehatan otak, memperbaiki suasana hati, sehingga mengurangi stress. Secara khusus, penelitian terbaru menemukan bahwa konsumsi teh hijau dapat meningkatkan kesehatan dengan cara menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan usus.

2. Bagaimana Teh Hijau Mempengaruhi Gula Darah dan Kesehatan Usus

5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya MaksimalDengan melakukan penelitian ke 40 peserta, menemukan jika ada penurunan pada kadar gula darah mereka setelah rutin minum teh hijau. Foto: Getty Images

Melanjutkan studi pada tahun 2019, sebuah studi yang belum lama diterbitkan oleh Current Developments in Nutrition mengaitkan konsumsi teh hijau dengan risiko obesitas yang lebih rendah dan peningkatan kesehatan usus saat diuji pada tikus.

Studi terbaru itu mengevaluasi kesehatan usus dari 40 peserta yang sebagiannya alami sindrom metabolik dan sebagiannya lagi normal. Setelah mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 28 hari, hasilnya kemudian dievaluasi.

Ditemukan pada peserta yang selama sebulan rutin konsumsi teh hijau, jika kadar gula darah lebih rendah serta adanya penurunan peradangan usus.

Harapan dari penelitian ini, teh hijau akan mengurangi efek sindrom metabolik tersebut. Sindrom metabolik sendiri adalah sekumpulan kondisi termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol, dan gula darah tinggi yang mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa konsumsi teh hijau juga mampu mengurangi gejala penyakit pencernaan, salah satunya yaitu usus bocor.



Simak Video "Bikin Laper: Makan Aneka Lauk Disiram Sambel Dower"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT