Sering Berkeringat? Coba Rutin Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Mengatasinya

ADVERTISEMENT

Sering Berkeringat? Coba Rutin Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Mengatasinya

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 20 Des 2022 08:00 WIB
7 Makanan Ini Picu Produksi Keringat, Jangan Dimakan Berlebihan.
Foto: Getty Images
Jakarta -

Beberapa orang memiliki kondisi tubuh yang mengeluarkan keringat berlebih. Dengan kondisi ini, sebaiknya asupan makanan diperhatikan. Coba atasi dengan rajin konsumsi 7 makanan ini.

Tidak semua orang punya kondisi tubuh yang sama karena ada sebagian dari mereka yang lebih banyak berkeringat ada juga yang tidak. Keringat berlebihan selain karena faktor hormon, juga bisa disebabkan akibat faktor makanan.

Contohnya konsumsi makanan pedas yang menyulitkan tubuh untuk mencerna makanan yang dikonsumsi sehingga suhu internal dapat melonjak. Kondisi ini pada akhirnya memberi sinyal pada tubuh untuk mengeluarkan keringat berlebih.

Untuk mengatasinya, asupan makanan perlu diperhatikan. Ada beberapa makanan yang lebih baik dihindari, tetapi ada juga makanan yang baik untuk membantu mengurangi keringat tersebut.

Merangkum thompsontee.com (18/12), berikut 7 makanan yang dapat mengurangi keringat berlebih:

1. Air Putih

Konsumsi air putih punya banyak manfaat, termasuk mengurangi keringat berlebihan. Air yang dikonsumsi dapat menjaga tubuh agar tetap dingin. Keringat berlebihan juga dapat membuat seseorang dehidrasi lebih cepat, sehingga dibutuhkan air putih untuk membantu mengisi ulang kekurangan cairan dalam tubuh.

Alih-alih konsumsi minuman berkafein atau minuman yang mengandung alkohol, pilihan terbaik yaitu dengan konsumsi air putih sekitar 3,7 liter untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita per hari.

Minuman kafein atau alkohol sebenarnya hanya merangsang sistem saraf yang akan meningkatkan detak jantung, tekanan darah, hingga suhu tubuh yang mampu membuat seseorang berkeringat.

2. Buah dan Sayuran Tinggi Kandungan Air

Menu Tumis Semangka Pakai Bawang Merah Ini Bikin Netizen HebohBuah dengan kandungan air tinggi bisa menjadi salah satu makanan yang bisa cegah keringat berlebih. Foto: Site News/Twitter

Jika dirasa minum air putih sulit, kamu bisa sambil menyelinginya dengan konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak air.

Memasukkan buah dan sayuran tinggi kandungan air ke dalam menu makan setiap hari dapat membantu mengurangi keringat. Pilihan buahnya ada semangka, apel, anggur, jeruk, bayam, selada, hingga mentimun.

3. Makanan Kaya Kalsium

Ada beberapa makanan sehat seperti susu rendah lemak, keju, hingga yogurt yang dapat membantu mengurangi keringat berlebih.

Makanan tersebut mengandung kalsium yaitu mineral yang dapat mengatur suhu tubuh dan menahan keringat. Lebih baik konsumsi makanan kaya akan kalsium dibandingkan makan makanan tinggi lemak yang justru sulit untuk dicerna tubuh dan mampu menyebabkan kondisi tubuh yang lebih mudah berkeringat.



Simak Video "Gerai Vegetarian di Senopati Ini Tawarkan Citarasa Resto Siap Saji"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT