6 Makanan Pantangan Penderita Asam Urat yang Perlu Dihindari

ADVERTISEMENT

6 Makanan Pantangan Penderita Asam Urat yang Perlu Dihindari

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 17 Des 2022 06:00 WIB
Healthy sautéed spinach with minced garlic
Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka
Jakarta -

Penyakit asam urat menyerang karena terlalu berlebihan mengonsumsi zat purin yang terdapat di sejumlah makanan. Agar tidak kambuh, perhatikan pantangan makanan ini.

Asam urat merupakan penyakit yang menyebabkan nyeri di area kaki. Penyakit ini menyerang seseorang akibat konsumsi zat purin berlebihan. Zat purin ini banyak terkandung dalam seafood, daging merah, dan lainnya.

Kadar asam urat juga perlu diperhatikan jumlahnya. Untuk wanita, normalnya di antara 2,5 - 7,5 mg/dL dan untuk pria adalah 4,0-8,5 mg/dL. Dilansir dari MayoClinic, kamu harus menjaga kadar asam urat tetap stabil dengan melakukan pantangan makan.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Penurun Asam Urat Efektif

Berikut 6 makanan pantangan untuk penderita asam urat yang harus dihindari:

1. Jeroan

4 Cara Membersihkan Jeroan yang Benar Agar Tak Amisjeroan Foto: iStock

Jeroan merupakan organ bagian dalam dari suatu hewa. Biasanya terdiri dari hati, babat, limpa, hingga usus. Organ bagian dalam ini kerap dikonsumsi oleh sebagian orang, biasanya dibumbui gule maupun kecap.

Meskipun menurut sebagian orang rasannya enak, sebaiknya menghindari jeroan saat terserang asam urat. Ini dikarenakan, jeronan adalah makanan tinggi purin yang dapat meningkatkan akdar asam urat dalam darah.

2. Daging Merah

Daging merah umumnya adalah daging sapi dan kambing. Kedua jenis daging ini banyak dikonsumsi karena olahannya yang lezat.

Ternyata, daging merah juga dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Menurut Medline Plus, daging merah juga memiliki zat purin yang tinggi, dan sebaiknya dihindari.

3. Seafood

Resep Udang Goreng Kelapaudang Foto: iStock

Seafood merupakan makanan laut yang terdiri dari beragam jenis ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, hingga kerang. Ternyata mengonsumsi seafood terlalu banyak dan sering juga mengakibatkan kadar asam urat naik.

Satu jenis seafood yang masih lumayan aman dikonsumsi adalah ikan. Karena, ikan dalam porsi sedang justru bisa memberikan manfaat kesehatan.

Baca Juga: Cara Mudah dan Praktis Kupas Kulit Jeruk ala Nenek Jepang



Simak Video "Bikin Laper: Makan Aneka Lauk Disiram Sambel Dower"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT