5 Minuman Alami Pereda Heartburn Gejala Asam Lambung

ADVERTISEMENT

5 Minuman Alami Pereda Heartburn Gejala Asam Lambung

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 13 Des 2022 06:00 WIB
5 Tips Minum Susu Ini Perlu Ditiru Agar Dapat Manfaat Sehatnya
Foto: Getty Images/iStockphoto/Alter_photo
Jakarta -

Heartburn, perasaan nyeri terbakar atau tidak nyaman di dada merupakan salah satu gejala umum asam lambung. Heartburn bisa diatasi dengan mengonsumsi minuman alami yang tepat berikut ini.

Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dialami banyak orang Indonesia. Gejala umumnya, rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dikenal dengan sebutan heartburn.

Heartburn terjadi ketika otot berbentuk cincin (sfingter) yang merupakan katup antara kerongkongan dan lambung tidak dapat mengencang atau menutup secara normal, tulis Alodokter (12/11). Ketika otot ini lemak, makanan yang sudah bercampur dengan asam lambung dapat kembali ke kerongkongan.

Kondisi naiknya asam lambung ini dapat mengiritasi dinding kerongkongan dan menyebabkan rasa nyeri seperti terbakar di dada. Heartburn bisa terjadi karena makan banyak, mengonsumsi makanan pedas, minum minuman berkafein, hingga langsung berbaring setelah makan.

Untuk mengatasi heartburn, ada beberapa langkah, termasuk menjalani pola makan sehat dan bernutrisi. Selain itu, mengonsumsi minuman alami pereda heartburn ini bisa jadi pilihan.

Merangkum Very Well Health (15/11), inilah 5 minuman alami yang cocok dikonsumsi:

1. Air putih

Ilustrasi air putihFoto: Getty Images/iStockphoto/Panuwat Dangsungnoen

Air putih jelas amat dibutuhkan tubuh untuk berfungsi optimal. Salah satu perannya, membantu sistem pencernaan berjalan lancar. Sebuah penelitian menemukan, sering konsumsi air putih dapat membantu membersihkan asam dari kerongkongan. Ujungnya dapat mencegah heartburn dan kerusakan pada kerongkongan.

Memiliki pH 7, air putih dianggap netral. Artinya tidak asam maupun basa. Sebuah penelitian juga menunjukkan konsumsi air minum elektrolisis alkali dengan pH yang dimodifikasi dapat membantu menetralkan asam lambung, meredakan heartburn, dan gejala gastrointestinal lainnya.

2. Susu dan yogurt tanpa lemak

Kandungan lemak dalam susu whole milk bisa memicu heartburn, tapi konsumsi susu tanpa lemak (nonfat) justru bisa bantu mengatasinya. Susu tanpa lemak bersifat meredakan heartburn karena bisa bertindak sebagai penyangga sementara antara lapisan lambung dengan asam lambung.

Pilihan lain adalah yogurt rendah lemak. Minuman ini memiliki kualitas serupa susu tanpa lemak yang meredakan heartburn. Keunggulan lain, yogurt mengandung probiotik yang bantu melancarkan sistem pencernaan secara umum.

3. Jus buah dan sayur nonasam

salmon, melon, dan telur ayam kampungFoto: Istock

Saat sedang alami heartburn, mengonsumsi minuman juga harus hati-hati. Hindari minuman asam seperti jus buah dan sayur yang memang dibuat dari buah-buahan asam seperti nanas, tomat, atau jeruk. Konsumsi jus ini dapat mengiritasi kerongkongan sekaligus memperparah heartburn.

Sebagai solusi, pilih jus buah dan sayuran nonasam. Sifatnya bisa meredakan heartburn. Contohnya jus kol, wortel, seledri, melon, pir, dan lidah buaya. Kamu juga bisa memadukan buah dan sayur nonasam ini dengan susu nabati dan sayuran hijau menjadi smoothies yang 'ramah' heartburn.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Sensasi Menjajal Malatang, Makanan Asal China dengan Rempah Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT