5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya Maksimal

ADVERTISEMENT

5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya Maksimal

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 25 Okt 2022 10:30 WIB
5 Jenis Teh yang Ampuh Cegah Flu dan Batuk, Rasanya Juga Enak
Foto: Getty Images
Jakarta -

Teh hijau dikenal punya banyak manfaat sehat, termasuk cegah penyakit bahaya. Tapi untuk mendapatkan manfaat terbaik, perhatikan 5 cara mengonsumsinya ini.

Teh hijau adalah jenis teh yang memang banyak memberikan keuntungan. Kandungan antioksidan tinggi di dalamnya mampu menjaga tubuh dari segala penyakit berbahaya.

Selain itu, antioksidan pada teh hijau juga dikenal bisa membantu menurunkan berat badan. Sifatnya membuat metabolisme tubuh lebih efisien. Karenanya, mereka yang ingin diet, disarankan untuk mengonsumsi teh hijau.

Tetapi manfaat itu ternyata tidak akan terasa maksimal jika cara menyeduh dan meminumnya masih salah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika meminum teh ini.

Merangkum Times of India (20/04/2021), berikut 5 cara minum teh hijau yang benar:

1. Jangan Minum Teh Hijau Setelah Makan

5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya MaksimalDisarankan untuk tidak meminum teh hijau setelah makan karena bisa menghambat proses pencernaan makanan. Foto: Getty Images

Ada waktu terbaik untuk meminum teh hijau. Ternyata, teh ini tidak tepat jika diminum setelah makan. Ini karena sifatnya bisa membuang semua kalori yang baru saja masuk.

Setelah makan, ada banyak asupan yang diterima oleh tubuh termasuk protein. Namun protein tersebut harus diberi jeda agar bisa dicerna dengan baik. Jika langsung minum teh hijau setelah makan, ini justru akan membahayakan proses pencernaan tersebut.

2. Jangan Minum Teh Hijau Ketika Perut Kosong

5 Cara Minum Teh Hijau yang Benar agar Manfaatnya MaksimalTeh hijau juga tidak bisa diminum dalam keadaan perut kosong karena takut meningkatkan produksi asam lambung. Foto: Getty Images

Mungkin teh hijau enak diminum pagi hari. Terlebih, teh hijau bisa mengisi ulang dan mendetoksifikasi tubuh sehingga banyak orang berpikir itu akan aman ketika dikonsumsi di pagi hari. Nyatanya, teh ini tidak bisa diminum dalam keadaan perut sedang kosong.

Itu karena teh hijau mengandung antioksidan dan polifenol kuat yang akan meningkatkan produksi asam lambung dan mengganggu pencernaan. Fungsi tersebut akan lebih efektif jika seseorang meminumnya setelah makan.

3. Jangan Minum Obat Bersama dengan Teh Hijau

Beberapa orang biasanya minum obat berupa tablet atau pill dengan bantuan minuman. Minuman terbaik yang bisa dipilih adalah air putih.

Untuk itu, bagi mereka yang meminum obat bersama dengan secangkir teh hijau, sebaiknya tidak melakukan hal ini lagi. Karena bisa sangat berbahaya dimana komposisi kimia pada pil akan bercampur dengan teh hijau dan menyebabkan keasaman.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT