5 Buah Ini Bisa Jadi 'Obat' Alami untuk Redakan Batuk Pilek Anak

ADVERTISEMENT

5 Buah Ini Bisa Jadi 'Obat' Alami untuk Redakan Batuk Pilek Anak

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 22 Okt 2022 05:00 WIB
5 Buah Ini Bisa Jadi Obat Alami untuk Redakan Batuk Pilek Anak
Foto: Getty Images
Jakarta -

Dengan adanya pemberhentian obat sirup untuk anak, orang tua bisa memberikan buah sebagai alternatif 'pengobatan' alami. Ini 5 buah yang berkhasiat meredakan batuk pilek pada anak.

Batuk dan pilek menjadi penyakit yang sering dialami oleh anak kecil. Biasanya penyakit ini juga mampu menimbulkan demam pada anak.

Dalam menghadapi kondisi seperti ini, banyak orang tua memilih untuk menyembuhkan anak mereka dengan pemberian obat. Obat yang dipilih biasanya obat sirup karena punya rasa dan tekstur yang lebih bisa diterima oleh anak kecil.

Tetapi akhir-akhir ini di Indonesia sedang ramai mengenai pemberhentian obat sirup itu. Ditemukan beberapa zat yang diduga merupakan dietilen-etilen glikol yang bisa berbahaya bagi tubuh.

Menurut detikhealth (21/10), kini sudah ada 5 produk obat cair di indonesia yang sudah ditarik peredarannya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Namun para orang tua tak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan beberapa makanan alami untuk meredakkan penyakit batuk pilek pada anak. Salah satu makanan sehat yang bisa membantu adalah buah.

Buah dikenal menyehatkan karena mengandung vitamin dan nutrisi yang melimpah. Untuk itu, jika anak mengalami sakit batuk pilek, bisa diredakan dengan memberikan asupan buah.

Berikut 5 jenis buah yang bisa bantu melawan batuk pilek, dirangkum dari eatfirst.com (18/05).

1. Apel

tipe kepribadian berdasarkan buah apel, pisang, hingga nanas.Buah apel bisa menjadi alternatif camilan buah sehat untuk anak. Foto: iStock

Buah apel punya banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk meredakan flu dan batuk pada anak. Apel tinggi kandungan flavonoid yang mampu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

Ketika sakit, sistem kekebalan anak bisa menurun. Untuk meningkatkan kembali sistem kekebalan anak, bisa dengan cara mengonsumsi buah apel. Di dalam buah merah ini juga terkandung kalori, karbohidrat, vitamin dan mineral alami yang akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Orang tua bisa menyiapkan potongan apel untuk dijadikan camilan anak.

2. Pisang

Resep Bubur Oatmeal PisangJika anak tidak mau makan pisang utuh, pisang bisa dibuat menjadi bubur, atau menjadi topping dan dimakan bersama oatmeal anak. Foto: iStock

Pisang adalah buah yang kaya serat dan potassium. Buah ini juga tinggi akan vitamin, salah satunya vitamin B6 bisa mencegah berbagai macam penyakit.

Kandungan dalam buah pisang juga bisa lebih cepat membangkitkan energi pada anak. Sementara kandungan mineral pada pisang juga bisa membantu mengembalikan sistem imunitas tubuh.



Simak Video "Laut Jakarta Tercemar Paracetamol, Amankah Konsumsi Ikan?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT