7 Bumbu Dapur Ini Bisa Mengatasi Demam Anak Secara Alami

ADVERTISEMENT

7 Bumbu Dapur Ini Bisa Mengatasi Demam Anak Secara Alami

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 21 Okt 2022 13:30 WIB
7 Bumbu Dapur Ini Bisa Mengatasi Demam Anak Secara Alami
Foto: Getty Images/MmeEmil
Jakarta -

Ramai diperbincangkan obat demam anak yang menyebabkan gagal ginjal misterius. Tak perlu khawatir, tujuh bumbu dapur ini bisa bantu atasi demam anak secara alami.

Ibu-ibu kini tengah dibuat khawatir dengan obat demam anak yang disebutkan menjadi penyebab gagal ginjal misterius. Hal ini lantaran beberapa obat demam anak yang beredar di pasaran terdeteksi mengandung etilen glikol di atas kadar aman yang ditentukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Beberapa obat bahkan sudah resmi ditarik dari peredaran karena terbukti memiliki komposisi yang tak aman untuk dikonsumsi anak-anak. Kini ibu-ibu bisa mulai mencoba beberapa bahan yang ada di dapur untuk mengatasi demam pada anak secara alami dan lebih aman.

Bahan-bahan ini sebagian besar selalu ada di dapur rumahan atau dikenal juga bumbu dapur. Mudah didapat, mudah digunakan dan cocok untuk menjadi pertolongan pertama saat anak demam. Cek daftar bumbu dapur yang berkhasiat ini yuk!

Berikut ini 7 bumbu dapur untuk membantu meredakan demam anak menurut Parenting Firstcry:

7 Bumbu Dapur Ini Bisa Mengatasi Demam Anak Secara AlamiMembalurkan bawang pada tubuh anak dapat menurunkan demam dan meredakan nyeri tubuh. Foto: Getty Images/MmeEmil

1. Bawang merah atau bombay

Tak hanya di Indonesia, di beberapa negara lain bawang juga dikenal sebagai salah satu obat alami untuk menurunkan demam anak. Khasiat bawang untuk mengatasi anak yang sakit sudah dilakukan secara turun temurun dari nenek moyang.

Caranya cukup parut atau cincang halus bawang bombay dan campur dengan minyak dan oleskan pada tubuh anak. Manfaat dari membalurkan bawang ini tak hanya dapat menurunkan demam tetapi juga meredakan nyeri badan yang dirasakan anak saat demam.

2. Jahe

Jahe memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang baik untuk menjadi penolong saat anak mulai menunjukkan gejala jatuh sakit. Selain diminum, jahe juga bisa dicampurkan ke dalam air mandi untuk anak guna meredakan demam yang membuat anak mulai merasa tak nyaman.

Caranya cukup menambahkan dua sendok makan jahe bubuk atau dua buah jahe yang digeprek ke dalam bak mandi anak. Tambahkan air hangat dan biarkan anak mandi dengan air rendaman jahe untuk menurunkan demam dan mengeluarkan racun dari dalam tubuhnya.

3. Lemon dan madu

Vitamin C yang terdapat dapat lemon dapat membantu memperkuat imunitas si kecil. Ditambahkan dengan madu yang kaya nutrisi, maka tubuh anak akan lebih kuat untuk melawan bakteri dan virus yang menyebabkan demam dan sakit.

Kombinasi keduanya membuat anak bisa mendapatkan manfaat jahe dan madu dalam waktu yang bersamaan serta mengatasi demam dengan cara efektif. Satu sendok makan air jeruk lemon yang ditambahkan dengan satu sendok makan madu bisa diberikan kepada anak jika suhu tubuhnya mulai meningkat di atas batas normal.

Bumbu dapur untuk menurunkan demam pada anak lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Resto Pasta Mungil yang Hits di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT