5 Paracetamol Alami Ini Ada di Dapur, Ampuh Redakan Demam si Kecil

ADVERTISEMENT

5 Paracetamol Alami Ini Ada di Dapur, Ampuh Redakan Demam si Kecil

Tim detikfood - detikFood
Jumat, 21 Okt 2022 05:00 WIB
5 Paracetamol Alami Ini Ada di Dapur, Ampuh Redakan Demam si Kecil
Foto: Getty Images
Jakarta -

Obat paracetamol sirup resmi dilarang. Jika si kecil demam tak usah panik. Ada beberapa bahan alami di dapur yang bisa redakan demam si kecil segera.

Kandungan tertentu dalam obat paracetamol sirup diduga jadi biang kerok gagal ginjal akut. Padahal, paracetamol sirup kerap jadi pilihan ampuh untuk menurunkan demam anak.

Jika memang begitu, adakah cara lain untuk menurunkan demam anak? Kamu tak perlu khawatir, ada beberapa alternatif paracetamol alami yang bisa diberikan pada anak. Bahkan mudah dan murah karena ada di persediaan dapur.

Demam pada dasarnya merupakan kondisi alami yang menandakan bahwa tubuh tengah berjuang melawan berbagai patogen yang masuk ke tubuh. Dalam kondisi ini, artinya sistem kekebalan tubuh tengah menjalankan tugasnya.

Suhu tubuh normal pada anak berkisar di antara 36-37 derajat Celcius. Disebut demam jika suhu tubuh telah mencapai lebih dari 37,8 derajat Celcius dalam pengukuran di mulut.

Selain suhu tubuh yang tinggi, demam juga membuat seseorang mengalami gejala lain, seperti
berkeringat, panas dingin, sakit kepala, nyeri otot,kehilangan selera makan,lemas dan lesu.

Paracetamol sirop umumnya jadi 'pertolongan pertama' saat anak demam. Selain rasanya yang enak, obat dalam bentuk cair ini juga lebih mudah dicerna.

Namun kini, obat paracetamol sirop dilarang. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan alternatif paracetamol alami berikut ini.

1. Perbanyak asupan cairan

5 Paracetamol Alami Ini Ada di Dapur, Ampuh Redakan Demam si KecilAsupan cairan pada anak bisa dibantu dengan memberikan jus buah encer hingga es potong. Foto: Getty Images

Dalam kondisi demam, anak akan membutuhkan banyak cairan. Orang tua mungkin perlu usaha ekstra untuk menambah asupan cairan anak.

Mengutip Medical News Today, selain lewat air mineral, Anda juga bisa menambahkan asupan cairan anak melalui berikut:

• air kaldu
• es potong/es loli
• jus buah yang encer

2. Kompres hangat

5 Paracetamol Alami Ini Ada di Dapur, Ampuh Redakan Demam si KecilSalah satu cara alami dan sederhana untuk bantu turunkan demam pada anak. Foto: Getty Images

Kompres hangat pada dahi anak juga bisa jadi salah satu cara alami menurunkan demam pada anak.

Basahkan waslap bersih dengan air hangat. Peras lalu taruh di bagian dahi anak.

3. Olesi tubuh dengan bawang merah

5 Paracetamol Alami Ini Ada di Dapur, Ampuh Redakan Demam si KecilBantu olesi tubuh anak dengan bawang merah yang telah diiris secara tipis. Foto: Getty Images

Cara menurunkan demam anak satu ini sangat dikenal di India. Yakni, mengolesi tubuh dengan bawang merah yang diiris tipis.

Mengutip Parenting Firstcry, bawang tak cuma membantu menurunkan suhu tubuh, tapi juga meredakan rasa nyeri saat demam.

Cukup gunakan 1 siung bawang merah lalu iris tipis. Gosokkan pada kaki anak selama beberapa menit. Proses ini bisa diulang sebanyak dua kali sehari untuk mengurangi demam.

4. Mandi dengan campuran jahe

Resep Wedang Jahe KunyitCobalah untuk mandikan anak dengan campuran jahe, karena jahe mampu membunuh patogen penyakit demam pada anak. Foto: iStock

Jahe mampu membunuh patogen penyebab demam anak. Jahe membantu tubuh mengeluarkan keringat, yang pada akhirnya membantu menghilangkan panas tubuh.

Tambahkan sekitar 2 sdm bubuk jahe ke air mandi yang hangat, aduk dengan baik.

Berkeringat setelah mandi akan mengurangi panas tubuhnya. Namun, hindari kontak jahe dan mata, khususnya pada balita.

5. Air lemon hangat dan madu

A glass cup of tea with lemon, mint, ginger and honey on wooden rustic table.Campuran lemon dan madu bisa menjadi obat alami untuk turunkan demam anak. Foto: iStock

Vitamin C dalam lemon dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Madu juga memberikan tubuh nutrisi tambahan. Kombinasi keduanya efektif dalam menurunkan demam.

Tambahkan 1 sdm madu ke dalam 1 sdm perasan lemon. Campur dengan air hangat dan minum.

Demikian beberapa cara alami menurunkan demam pada anak. Alternatif paracetamol secara alami ini bisa Anda coba di rumah dengan mudah.

Baca selengkapnya di halaman INI !



Simak Video "Laut Jakarta Tercemar Paracetamol, Amankah Konsumsi Ikan?"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT