Special Tea Class

Begini Cara Benar Seduh Teh Hijau untuk Hasil Maksimal

Devi Setya - detikFood Sabtu, 16 Des 2017 16:30 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Menyeduh teh hijau tidak boleh menggunakan air mendidih. Agar hasilnya nikmat, ada teknik khusus menyeduh teh hijau.

Ratna Somantri yang mengisi kelas teh ' Green Tea Experience ' di Nusa Gastronomy, Kemang, Jakarta Selatan menjelaskan dengan rinci bagaimana cara benar menyeduh teh hijau. Salah satu poin pentingnya, teh hijau tidak boleh diseduh dengan air mendidih.

"Pertama pastikan teh hijau tidak diseduh pakai air mendidih, suhunya cukup 70 sampai 75 derajat Celsius," kata Ratna yang sudah lama berkecimpung dalam dunia teh ini.

Begini Cara Benar Seduh Teh Hijau untuk Hasil MaksimalFoto: dok. detikFood

Dalam kelas teh ini, Ratna juga menjelaskan takaran ideal untuk menghasilkan teh hijau dengan aroma dan rasa nikmat. "Untuk teh hijau, takarannya 1 gram daun teh teh diseduh dalam 100 cc air. Jadi tinggal sesuaikan saja, misalnya mau membuat 200 cc teh hijau maka teh yang digunakan beratnya harus 2 gram. Dan seterusnya begitu," jelas Ratna.

Sebelum diseduh,daun teh kering disiram air mendidih sebentar lalu ditiriskan. Barulah kemudian diseduh dengan air panas. Saat teh sudah diseduh juga tidak boleh daun teh hijau dibiarkan lama terendam air karena rasanya akan berubah.

"Saat menyeduh teh jangan biarkan daun terendam air sangat lama. Kalau didiamkan terlalu lama maka rasanya akan pahit. Jadi setelah 3 menit harus segera disaring," katanya.

Begini Cara Benar Seduh Teh Hijau untuk Hasil MaksimalFoto: dok. detikFood


Waktu ideal untuk menyeduh teh adalah kisaran 2,5 menit hingga 3 menit tergantung jenis teh hijau yang digunakan. Jika dibiarkan terlalu lama misalnya 5 menit maka pahitnya teh akan sangat terasa. Bisa ditambahkan gula untuk rasa manis tetapi Ratna menyarankan untuk sama sekali tidak menambahkan gula pada teh hijau.

"Teh hijau akan lebih enak tanpa gula," kata Ratna singkat.

Begini Cara Benar Seduh Teh Hijau untuk Hasil MaksimalFoto: dok. detikFood

Sedangkan untuk teh hijau dalam bentuk kantung, sebaiknya taruh kantung teh dalam cangkir baru kemudian air panasnya dituang. Biarkan selama paling lama 3 menit lalu angkat.

Teh hijau sangat baik dikonsumsi rutin untuk mendapatkan khasiat sehatnya. 'Sebaiknya minum rutin setiap hari, bisa di pagi hari, atau sore hari,' saran Ratna. (adr/odi)