Konsumsi 5 Camilan Enak Ini Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

ADVERTISEMENT

Konsumsi 5 Camilan Enak Ini Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 28 Des 2022 05:00 WIB
Buah-buahan penambah darah
Foto: Engin Akyurt/Unsplash
Jakarta -

Tekanan darah tinggi bisa dipicu terlalu banyak konsumsi natrium. Pilihan camilan sehat dapat bantu mencegah atau menurunkan tekanan darah tinggi, seperti 5 camilan ini.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang diderita oleh seseorang biasanya disebabkan terlalu banyak konsumsi makanan tinggi natrium. Jenisnya berupa makanan olahan ataupun makanan cepat saji yang sekaligus mengandung lemak jenuh.

Untuk mengatasinya, perlu mengonsumsi makanan sehat yang rendah natrium. Pilihan camilan sehat juga bisa membantu menurunkan hingga menjaga tekanan darah.

Jika lapar tetapi tetap ingin menjaga asupan makanan sehat, bisa mencoba konsumsi beberapa camilan enak ini. Merangkum beberapa sumber, ini 5 camilan yang ampuh turunkan tekanan darah tinggi:

1. Pisang

Konsumsi 5 Camilan Enak Ini Bantu Turunkan Tekanan Darah TinggiPisang bisa menjadi pillihan sehat yang kaya nutrisi dan mengandung potasium untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Foto: Getty Images/iStockphoto/yipengge

Masih banyak orang memilih ngemil makanan manis dibandingkan camilan sehat seperti buah. Padahal buah kaya akan nutrisi dan mengandung antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Melansir sumitmedicalclinin.com (27/12), setidaknya dalam satu hari, orang dewasa perlu untuk konsumsi buah. Ada beberapa pilihan buah yang bisa dikonsumsi mulai dari pisang, apel, hingga stroberi.

Pisang tinggi akan potasium yang membuatnya menjadi camilan sempurna untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Semakin banyak potassium yang dikonsumsi, maka semakin banyak pula natrium yang akan terurai dalam urin.

Potassium juga mampu mengatasi hipertensi dengan cara meredakan ketegangan pada dinding pembuluh darah sehingga bisa sekaligus menurunkan tekanan darah.

Sementara apel juga mengandung potasium dan serat yang dikenal sebagai pektin. Kandungan pektin terbukti mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan peradangan yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

Jika ingin konsumsi buah lebih ringan, bisa pilih stroberi yang kaya akan vitamin C. Stroberi juga mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan aliran darah.

2. Brokoli

Selain buah-buahan, sayuran juga menjadi makanan yang bisa dijadikan camilan sehat. Jika sayuran bukan menjadi sesuatu yang biasanya dinikmati, kamu boleh menambahkan bumbu herba pada sayuran.

Sayuran seperti brokoli bisa membantu menurunkan tekanan darah karena tinggi akan vitamin C. Brokoli juga merupakan sumber kalsium dan potasium yang bagus untuk menjaga tekanan darah.

Jika brokoli rebus dirasa terlalu hambar, bisa memasaknya dengan tambahan saus salad rendah natrium dan lemak, atau membuat saus sendiri yang jauh lebih sehat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT