5 Hal yang Bakal Terjadi Jika Makan Dessert Tiap Hari

ADVERTISEMENT

5 Hal yang Bakal Terjadi Jika Makan Dessert Tiap Hari

Atiqa Rana - detikFood
Minggu, 25 Des 2022 06:00 WIB
Itaewon Dipenuhi Kafe Hits, Menunya Donat hingga Pancake
Foto: Instagram
Jakarta -

Makan dessert setelah makan berat sering dilakukan banyak orang, bahkan ada yang memakannya setiap hari. Lantas, apa yang terjadi pada tubuh jika makan dessert setiap hari? Ini penjelasannya.

Setelah makan makanan gurih atau asin, sebagian orang merasa mulutnya ingin mengunyah makanan manis. Akhirnya hidangan pencuci mulut seperti kue, es krim, atau puding pun dilahap.

Tak sedikit juga mereka sudah terbiasa dengan kebiasaan ini sehingga setiap hari tak bisa melewatkan dessert. Ada kepuasan tersendiri ketika sudah menikmati makanan pencuci mulut itu.

Namun makanan manis umumnya dicap buruk untuk kesehatan sehingga membuat banyak orang merasa bersalah usai memakannya. Sebenarnya makanan manis tak selalu berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut 5 hal yang bakal terjadi pada tubuh ketika makan dessert setiap hari yang dirangkum dari eatingwell.com (18/12).

1. Meningkatkan Kualitas Hubungan dengan Makanan

Tak Hanya Manis, 10 Dessert dari Berbagai Dunia Ini Juga UnikMakan dessert rupanya bisa meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan makanan. Foto: tailypress.com / thebesttravelplaces.com

Dessert umumnya dianggap sebagai makanan yang akan membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Karena hal ini akhirnya banyak orang merasa bersalah hingga enggan makan dessert.

Padahal mengonsumsi dessert bisa meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan makanan. Hal ini terjadi dengam cara mengizinkan diri sendiri untuk menikmati makanan penutup tanpa harus merasa bersalah.

Ahli gizi Patricia Panyo, MS, RDN mengungkap jika semua makanan bisa jadi bagian pola makan sehat, termasuk makanan penutup.

"Langkah pertama untuk membantu hal ini adalah dengan mengizinkan diri sendiri untuk menikmati makanan penutup kapanpun diinginkan tanpa merasa bersalah karena melakukannya," ucapnya.

Jika seseorang sudah membiarkan tubuhnya untuk makan dessert, ini membuat mereka bisa puas melanjutkan hari.

Hal ini juga dilakukan untuk mencegah kemauan yang berlebih. Jika tubuh dibatasi untuk tidak makan dessert, khawatirnya di kemudian hari justru akan makan secara berlebihan.

2. Menambah Asupan Nutrisi

Makanan penutup tak melulu makanan manis atai dessert karena buah-buahan hingga beberapa kacang-kacangan bisa dijadikan makanan penutup yang justru memberikan manfaat bagi kesehatan.

Seperti yang diungkap oleh Pauyo jika buah buahan akan menambah asupan antioksidan dan serat untuk mengurangi risiko penyakit usus. Bisa juga memilih makanan penutup berupa kacang-kacangan yang akan menambah lemak dan protein sehat.

Cara lain adalah memilih dessert berupa secangkir cokelat hangat ataupun yogurt parfait yang kaya akan kalsium. Makanan penutup seperti ini justru memberikan nutrisi penting bagi tubuh.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT