Waktunya Liburan! 5 Pola Makan Untuk Cegah Buncit Usai Makan Banyak

ADVERTISEMENT

Waktunya Liburan! 5 Pola Makan Untuk Cegah Buncit Usai Makan Banyak

Diah Afrilian - detikFood
Sabtu, 24 Des 2022 05:00 WIB
Waktunya Liburan! 5 Pola Makan Untuk Cegah Buncit Usai Makan Banyak
Foto: Getty Images/iStockphoto/golfcphoto
Jakarta -

Banyak godaan untuk menikmati makanan tanpa pilih-pilih dan sepuasnya saat liburan. Terapkan lima pola makan ini agar perut tak buncit setelah liburan selesai.

Ketika memasuki musim liburan, tantangan untuk menjaga pola makan sehat sangat sulit dilakukan. Godaan untuk menyantap semua makanan favorit dan tanpa batas sangat kuat terasa.

Waktu liburan seringkali juga menjadi momen balas dendam setelah satu tahun penuh menahan diri melakukan diet. Sayangnya penyesalan akan makan terlalu banyak juga datang belakangan ketika berat badan melonjak dna perut mulai buncit.

Agar tak menyesal, ahli gizi menyarankan beberapa pola makan untuk mencegah buncit. Pola makan ini mudah untuk dilakukan sambil makan enak selama liburan.

Baca juga: Lihat Penampakan Saat Antar Makanan, Ojol Tinggalkan Pesanan Pelanggan

Berikut ini 5 pola makan untuk mencegah buncit saat liburan menurut Eat This, Not That:

Waktunya Liburan! 5 Pola Makan Untuk Cegah Buncit Usai Makan BanyakSerat pada sayur dan buah dapat membantu melancarkan pencernaan setelah makan banyak. Foto: Getty Images/iStockphoto/golfcphoto

1. Konsumsi sayur dan buah

Walaupun merasa tak punya batasan makan, tetapi porsi makan tetap harus dikendalikan dengan baik. Ahli kesehatan menyarankan untuk mengisi piring makan dengan dominasi buah dan sayuran.

Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran membantu menjaga asupan serat selama musim liburan. Hal ini disarankan juga untuk mencegah terjadinya konstipasi karena pola makan yang tak teratur.

Mengisi setengah piring makan dengan buah dan sayuran dinilai sebagai cara yang paling mudah karena bahan makanan ini akan disajikan pada semua tempat makan. Konsumsi sayur dan buah juga telah terbukti bermanfaat untuk mengurangi tumpukan lemak perut.

2. Kurangi minum alkohol

Ketika memasuki musim liburan, banyak orang yang ingin lebih bersantai dengan suasana yang lebih menyenangkan. Bagi peminum alkohol, momen-momen seperti inilah minuman beralkohol akan banyak dicari orang-orang.

Menurut banyak penelitian yang telah dilakukan, konsumsi alkohol pada intensitas yang tinggi berpengaruh dengan peningkatan lingkar pinggang. Alkohol memiliki kandungan kalori yang tinggi tetapi tidak mengenyangkan sehingga sulit dikendalikan.

Alkohol dikatakan oleh ahli kesehatan akan sulit dicerna oleh tubuh. Sehingga ketika dikonsumsi berlebihan, endapan sisa lemaknya akan bertahan lebih lama di dalam tubuh.

Pola makan untuk mencegah perut buncit lainnya ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Mukbang Pempek All You Can Eat di PIK Auto Kenyang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT