Bukan Mie Instan, Konsumsi Mie Telur Berikan Manfaat Sehat Ini

ADVERTISEMENT

Bukan Mie Instan, Konsumsi Mie Telur Berikan Manfaat Sehat Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 27 Des 2022 06:00 WIB
Manfaat Konsumsi Mie Telur
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Selain mie instan, mie telur juga populer dijadikan hidangan nikmat. Biasanya diolah menjadi mie goreng atau mie rebus. Mie telur juga memiliki manfaat lho!

Jenis mie yang tak kalah populer dari mie instan di Indonesia adalah mie telur. Mie yang terbuat dari campuran tepung terigu dan telur ini banyak ditawarkan sudah kering maupun basah. Teksturnya lembut dan agak kenyal ketika sudah dimasak.

Orang Indonesia biasanya mengolah mie telur dengan cara digoreng atau direbus. Banyak juga yang menggunakan mie telur ini sebagai pelengkap hidangan bakso, soto, hingga seblak.

Melihat dari bahan yang digunakan yaitu tepung terigu dan telur, mie telur tentu saja lebih baik dari mie instan. Lantas, apakah mengonsumsinya terlalu sering aman bagi kesehatan?

Baca Juga: 5 Resep Mie Kuah yang Gurih Mantap Kuahnya untuk Penghangat Badan

Dilansir dari WebMD dan Health Line, berikut fakta kandungan nutrisi hingga manfaat dari mie telur:

1. Kandungan Nutrisi Mie Telur

Manfaat Konsumsi Mie TelurManfaat Konsumsi Mie Telur Foto: Getty Images/iStockphoto

Untuk melihat kandungan nutrisi dari mie telur, harus dibandingkan dengan pasta. Sehingga, dapat disimpulkan jenis mana yang lebih sehat.

Jika melihat kandungan kalorinya, mie telur menang dibandingkan pasta. Dalam 100 gram mie telur memiliki 20 kalori lebih sedikit daripada spaghetti.

Lalu, kandungan protein mie telur ternyata di bawah pasta, meskipun salah satu bahan bakunya adalah telur. Jumlahnya sekitar 1,3 gram protein lebih sedikit dari pada pasta dalam jumlah 100 gram.

Pada kandungan kalsiumnya, mie telur memiliki jumlah 2 kali lipat lebih tinggi dari pasta. Jika mie telur memiliki 12 miligram kalsium, pasta hanya 7 miligram.

Menurut Health Line, dalam 160 gram mie telur yang matang mengandung nutrisi penting, seperti 7 gram protein, 2 gram serat, zinc, iron, folat, riboflavin, selenium, dan lainnya.

Mie telur memiliki kemiripan dengan pasta, namun perbedaannya ada pada kalori dan karbohidratnya. Untuk mie telur menegandung 221 kalori, 40 gram karbohidrat, dan 3 gram lemak per 160 gram mie telur matang.

Baca Juga: Resep Mie Goreng Ayam Wijen yang Gurih Mantap Buat Makan Siang

2. Manfaat Mie Telur

Manfaat Konsumsi Mie TelurManfaat Konsumsi Mie Telur Foto: Getty Images/iStockphoto

Mie telur memang memiliki cita rasa lezat kalau diolah dengan cara yang tepat. Selain lezat, mie telur memiliki beragam manfaat kesehatan.

Dilansir dari Health Line, kandungan selenium yang terdapat pada mie telur berperan dalam menjaga imunitas tubuh. Lalu ada juga kandungan vitamin B yang berada di dalam folat, riboflavin, hingga niacin yang dapat memberikan energi serta menyehatkan otak.

Memang mie telur dapat memberikan nutrisi tambahan yang tidak diberikan oleh mie instan. Namun, jangan hanya mengonsumsi mie telur saja, harus ada kondimen lain untuk melengkapinya. Seperti menambahkan sayuran, protein, dan sumber nutrisi lainnya.



Simak Video "Pedas Nampol Mie Semeru di Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT