Madame Tang: Super Pedas! Malatang Hot Pot Harganya Mulai Rp 9.500

ADVERTISEMENT

Madame Tang: Super Pedas! Malatang Hot Pot Harganya Mulai Rp 9.500

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 26 Des 2022 12:00 WIB
4
"Malatang hot pot enak dengan harga terjangkau yang patut dicoba. Ada juga menu 'grill' berbalut bumbu BBQ Mala yang pedas nikmat." - odi
Madame Tang: Super Pedas! Malatang Hot Pot Harganya Mulai Rp 9.500
Foto: detikfood
Jakarta -

Restoran malatang hot pot di Bangka ini patut dicoba. Cita rasa kaldunya lebih creamy dan harganya ramah di kantong. Isian hot pot dibanderol mulai dari Rp 9.500 per buah!

Saat cuaca mendung dan udara dingin, paling enak menyantap hot pot berisi ragam daging hingga sayuran. Pilihan kuah kaldunya beragam, termasuk malatang yang cocok dinikmati penggemar pedas.

Malatang sendiri merupakan saus khas Sichuan. Nama malatang berasal dari bahan utamanya yaitu bumbu mala. Bumbu ini diracik dari campuran cabai, bubuk cabai, biji mala (Sichuan pepper), cengkeh, kapulaga, adas, dan banyak rempah lainnya.

Ciri khas malatang adalah berwarna merah gelap. Penambahan Sichuan pepper membuat rasa pedas kaldu ini menggigit seperti sedikit membuat kebas lidah.

Berkat keunikan rasa pedasnya, malatang hot pot pun banyak disukai foodies Tanah Air. Di Jakarta buktinya, kini hadir beberapa restoran hot pot yang mengkhususkan diri pada sajian malatang hot pot.

Sayangnya kebanyakan dari mereka menawarkan menunya dengan harga relatif mahal. Sekali bersantap, pengunjung bisa mengeluarkan hingga jutaan rupiah.

Tapi di Bangka, Jakarta Selatan, kini hadir restoran mungil yang menawarkan malatang hot pot dengan harga jauh lebih terjangkau. Bisnis ini dimiliki seorang anak muda yang berusaha menghadirkan malatang hot pot persis seperti yang pernah ia coba saat menetap di Beijing.

Nama Tempat MakanMadame Tang
AlamatPierPoint39
Jl. Bangka Raya Nomor 39, Jakarta Selatan
No Telepon0821 2444 6864
Jam Operasional11.30-22.00 WIB
Estimasi HargaMulai dari Rp 9.500 untuk isian hot pot
Tipe KulinerHot pot China
Fasilitas
  • Restoran mungil dan nyaman dengan nuansa kekinian
  • Area makan bersih

Resepnya diracik chef dari Taiwan

Madame Tang: Super Pedas! Malatang Hot Pot Harganya Mulai Rp 9.500Madame Tang di kawasan Bangka, Jakarta Selatan bisa jadi pilihan tempat makan hot pot enak dan murah. Foto: detikfood

Ditemui detikfood (22/12) di restorannya, Theresa Ester Efrata selaku pemilik Madame Tang bercerita soal usaha hot pot yang dirintisnya. Ia bilang konsep Madame Tang sebenarnya sudah ada sejak 4 tahun lalu, namun baru dikembangkan Desember 2022.

Wanita yang akrab disapa Thesa ini ingin menawarkan malatang hot pot seperti yang sering ia nikmati saat tinggal di Beijing. Menurutnya, cita rasa malatang hot pot di sana lebih creamy, sementara yang banyak ditemui di Indonesia saat ini, hanya terasa pedas khas mala saja.

"Di China cara tahu mala enak apa ngga itu, (dari kuahnya creamy apa engga). Aku merasa di Jakarta rasanya rata-rata nggak ada yang creamy. Bahkan rasanya bening, pedas saja," kata Thesa.

Untuk mengembangkan resep ini, Thesa menggandeng seorang chef asal Taiwan. Ia menjelaskan proses masak mala di tempatnya berbeda dengan di restoran lain sehingga mala bisa mengeluarkan sensasi creamy yang ia harapkan.

"Mala itu kalau derajatnya naik beberapa derajat tertentu atau masaknya agak lama, rasanya akan berubah. Kalau kematangan, bakal anyep, nggak keluar rasanya. Lebih ke teknik masak (untuk dapatkan rasa creamy dan tidak ditambahkan bahan lain)," kata Thesa.

Ada pilihan level pedas dan isian

Madame Tang: Super Pedas! Malatang Hot Pot Harganya Mulai Rp 9.500Tingkat kepedasan kuah mala bisa dipilih oleh pengunjung Madame Tang. Foto: detikfood

Madame Tang menawarkan malatang hot pot dengan pilihan level kepedasan hingga 4. Level pedas ini merujuk pada penggunaan jumlah bumbu malatang yang sudah dibuat dalam bentuk cair di restoran.

"Kenapa aku bikin level? Karena aku merasa nggak semua orang bisa dengan level pedas yang sama," kata Thesa. Ia juga menawarkan banyak isian untuk malatang hot pot yang bisa dipilih sendiri oleh pengunjung.

Harga isian tersebut terbilang terjangkau, mulai dari Rp 9.500 per buah. Pilihan utamanya, sekitar 18 jenis skewers (tusukan). Ada Beef Enoki, Chikuwa, Jamur Tiram, Jamur Kancing, Cheese Dumpling, Chicken Dumpling, Fish Ball, Sayuran, Fish Roll, Singaporean Fish Cake, Skin Tofu, Crab Stick, Enoki.

Untuk kuah malatang bisa dinikmati Rp 12.000 per porsi. Lalu ada pilihan kuah kaldu ayam (Rp 12.000), Madame Tang Sauce (Rp 8.000), dan Nasi (Rp 7.500).

Di Madame Tang, pengunjung juga bisa menikmati menu BBQ. Pilihannya ada Shortplate, Ayam, Udang, dan Cumi yang masing-masing dibanderol Rp 30.000 per porsi.

Bagaimana cita rasa malatang hot pot buatan Madame Tang? Baca di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT