Jangan Khawatir! 5 Sumber Karbohidrat Ini Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes

ADVERTISEMENT

Jangan Khawatir! 5 Sumber Karbohidrat Ini Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 16 Des 2022 06:00 WIB
Jangan Khawatir! 5 Sumber Karbohidrat Ini Bisa Dikonsumsi Penderita Diabetes
Foto: Getty Images
Jakarta -

Penderita diabetes tidak bisa konsumsi makanan sembarangan, termasuk karbohidrat tinggi. Namun, ada beberapa sumber karbohidrat yang sebenarnya bisa dikonsumsi, seperti 5 makanan ini.

Diabetes merupakan kondisi ketika seseorang gagal memproduksi cukup insulin. Ini termasuk kondisi ketika tubuh tidak dapat memproses atau menggunakan insulin secara efisien. Dengan kondisi ini, kadar gula darah dalam tubuh juga dapat meningkat secara drastis, hingga menyebabkan risiko yang mampu mengancam jiwa.

Namun diabetes bisa dikendalikan dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Karbohidrat menjadi salah satu yang harus dihindari karena karbohidrat yang dikonsumsi bisa dipecah menjadi glukosa yang dapat memicu kenaikan gula darah dengan cepat.

Meskipun karbohidrat dianggap sebagai musuh, nyatanya ada beberapa karbohidrat yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Merangkum beberapa sumber, berikut 5 karbohidrat yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Kacang-Kacangan

manfaat kacang-kacangan untuk umur panjangKacang-kacangan bisa menjadi pilihan karbohdirat yang cocok dikonsumsi penderita diabetes. Foto: Getty Images/iStockphoto

Beberapa jenis kacang-kacangan mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi. Tetapi, juga mengandung serat dan protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menurut American Diabetes Association (ADA), kacang-kacangan seperti kacang hitam dan kacang merah dapat dimasukkan ke dalam menu harian.

Melansir everydayhealth.com (13/08/2019), asupan serat yang dianjurkan untuk pria dan wanita setiap harinya sebanyak 25 dan 38 gram serat. Asupan serat tersebut dapat diisi dengan konsumsi kacang-kacangan.

2. Buah-Buahan

Buah merupakan makanan dengan beragam nutrisi penting bagi tubuh. Selain serat dan vitamin, buah sebenarnya juga mengandung karbohidrat. Tetapi, karbohidrat tersebut baik sehingga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

The American Diabetes Association menyarankan mereka dengan penyakit diabetes bisa mengonsumsi aneka buah asalkan mereka tidak alergi, lapor Times of India (11/12).

Sementara ada juga buah yang lebih baik dihindari seperti pisang, mangga, anggur yang punya kalori tinggi. Lebih baik konsumsi buah yang berserat tinggi seperti apel, jeruk, papaya, dan semangka.



Simak Video "Ganti Gulanya, Cegah Diabetes Bersama Tropicana Slim"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT