Hati-Hati! 5 Kebiasaan Makan Ini Picu Penyakit Hati

ADVERTISEMENT

Hati-Hati! 5 Kebiasaan Makan Ini Picu Penyakit Hati

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 15 Des 2022 05:00 WIB
Waspada! 5 Kebiasaan Makan Buruk Ini Picu Kolesterol Tinggi
Foto: Getty Images/eclipse_images
Jakarta -

Selain menu makanan, kebiasaan makan juga perlu diperhatikan. Ada beberapa kebiasaan yang tanpa disadari bisa meningkatkan risiko penyakit, termasuk penyakit hati.

Menu makanan yang dikonsumsi setiap harinya memang penting untuk diperhatikan. Tetapi kebiasaan makan seseorang tak kalah penting karena ada beberapa kebiasaan yang bisa membahayakan kesehatan.

Bahkan kebiasaan-kebiasaan makan tersebut, bisa meningkatkan risiko penyakit terhadap suatu organ tertentu. Salah satunya penyakit perlemakan hati atau fatty liver.

Perlemakan hati merupakan kondisi dimana seseorang mendapatkan asupan lemak berlebihan. Lemak tersebut bisa diperoleh dari makanan yang akan diproses dan disimpan di dalam organ hati. Penumpukan lemak tersebutlah yang akan memicu terjadinya perlemakan hati.

Jika kondisi seperti ini tidak segera ditangani, hal tersebut lama-kelamaan bisa mengakibatkan kerusakan dan peradangan di jaringan hati hingga mengganggu fungsi hati.

Untuk menghindari risiko tersebut, ada beberapa kebiasaan makan yang sebenarnya harus dihindari. Merangkum healthshots.com (05/12), berikut 5 kebiasaan makan yang sebaiknya tidak dilakukan.

1. Apa Hubungan Kebiasaan Makan dan Perlemakan Hati?

3D Illustration Concept of Human Internal Digestive Organ Liver AnatomyKebiasaan makan yang buruk bisa menyebabkan penyakit hati, salah satunya tumpukan lemak di hati. Foto: Getty Images/iStockphoto/magicmine

Penyakit hati berlemak adalah salah satu penyebab penyakit hati paling umum. Dr Panda menjelaskan bahwa penyakit hati ini terjadi ketika ada penumpukan lemak di hati yang jika dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi serius.

Dr Panda menjelaskan beberapa alasan di balik terjadinya penyakit ini. Perlemakan hati erat kaitannya dengan obesitas dan diabetes. Namun, kebiasaan makan yang kurang sehat, hingga kurangnya aktivitas fisik dan gaya hidup juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit tersebut.

Karenanya, diperlukan perubahan gaya hidup sehat hingga melakukan diet yang bisa menghindari dari risiko penyakit perlemakan hati.

2. Hindari Lemak dan Karbohidrat Tidak Sehat

Dengan beragam jenis makanan saat ini, membuat banyak orang akhirnya mencoba makanan-makanan tersebut.

Sayangnya, meskipun kreasi makanan semakin unik, tetapi kebanyakan makanan seperti itu mengandung lemak jenuh dan karbohidrat tinggi.

Tak hanya makanan, beberapa minuman termasuk kopi dingin juga bisa meningkatkan risiko penyakit perlemakan hati itu. Salah satu contohnya, makanan seperti kopi dingin diketahui memiliki konsentrasi gula tinggi dan mampu menyebabkan penumpukan lemak dengan cepat.



Simak Video "Sensasi Menjajal Malatang, Makanan Asal China dengan Rempah Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT