5 Hal yang Bakal Terjadi pada Tubuh Saat Makan Malam Hari

ADVERTISEMENT

5 Hal yang Bakal Terjadi pada Tubuh Saat Makan Malam Hari

Atiqa Rana - detikFood
Kamis, 15 Des 2022 14:00 WIB
Efek buruk makan tengah malam
Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa orang merasa lapar tengah malam hingga membuatnya tidak bisa tidur. Lantas, apakah yang akan terjadi pada tubuh ketika makan di malam hari? ini 5 penjelasannya.

Ketika merasa lapar pada malam hari, sebagian orang tidak bisa menahannya. Pada akhirnya, mereka langsung makan apapun yang diinginkan, bisa makanan cepat saji, makanan instan, hingga makanan manis.

Memang makan merupakan solusi terbaik untuk menghilangkan rasa lapar. Tetapi tidak semua makanan baik untuk kesehatan tubuh. Karena ada sebagian yang justru memiliki kandungan yang berpotensi meningkatkan risiko penyakit.

Banyak juga mereka yang tidak memperhatikan efek samping makan tengah malam. Padahal, ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh saat seseorang mengonsumsi makanannya di malam hari, seperti 5 hal yang dibeberkan livestrong.com berikut (15/12).

1. Bisa Menaikkan Berat Badan

makanan tinggi garam disebut memicu kenaikan berat badanPada malam hari biasanya jika lapar solusi terbaik dengan makan makanan cepat saji atau makanan instan yang sebenarnya justru memabahayakan kesehatan. Foto: Getty Images/iStockphoto

Tidak bisa dipungkiri, makan tengah malam berpengaruh terhadap berat badan, terutama jika makanan yang dikonsumsi tidak mengandung nutrisi baik.

Sebenarnya, makan di malam hari tidak sepenuhnya menyebabkan kondisi tubuh tak sehat, asalkan memang memilih makanan dengan kandungan nutrisi tinggi yang memang diperlukan oleh tubuh.

Tetapi, tidak semua orang memilih makanan sehat sebagai asupan makan malamnya. Lebih banyak yang memilih makanan tinggi kalori seperti mie instan, pizza, camilan keripik, bahkan es krim yang tentunya justru menimbulkan dampak buruk bagi tubuh.

Ketika seseorang mengunyah makanan seperti ini tengah malam, hal itu dapat mengacaukan hormon yang disebut leptin, yaitu hormon yang memberi tahu rasa kenyang,

Jika hormon leptin tidak memberikan sinyal rasa kenyang, bisa jadi seseorang akan makan lebih banyak yang mampu membuat berat badan mereka menjadi naik.

2. Pencernaan Terganggu

Waktu yang paling baik untuk mencerna makanan ketika kondisi seseorang sedang duduk atau berdiri tegak. Karenanya, menurut Mayo Clinic, beberapa orang yang langsung rebahan setelah makan tengah malam menyebabkan mereka mengalami penyakit asam lambung karena makanan akan mengalir kembali ke kerongkongan dan memberikan refluks asam.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari karena bisa menyebabkan refluks asam termasuk, makanan pedas, makanan tinggi lemak seperti gorengan, cokelat, hingga kopi.

Untuk itu, jika memang ingin makan tengah malam, sebisa mungkin menghindari konsumsi makanan seperti ini.



Simak Video "Bikin Laper: Makan Aneka Lauk Disiram Sambel Dower"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT