Waspadai Konsumsinya, 5 Menu Sarapan Ini Bahayakan Kesehatan Jantung

ADVERTISEMENT

Waspadai Konsumsinya, 5 Menu Sarapan Ini Bahayakan Kesehatan Jantung

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 14 Des 2022 05:00 WIB
5 Menu Sarapan yang Wajib Dihindari agar Tidak Lemas di Siang Hari
Foto: Getty Images
Jakarta -

Sarapan memang penting, namun tak semua makanan cocok dijadikan menu sarapan. Beberapa makanan bahkan berbahaya bagi kesehatan jantung seperti 5 menu ini.

Sarapan tak hanya perlu dilakukan dalam waktu yang tepat, tapi juga pemilihn menunya perlu diperhatikan. Meskipun waktu sarapan sangat sedikit, tetapi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa sembarangan.

Ini karena ada beberapa makanan yang memang tidak baik dikonsumsi saat pagi hari karena bisa menyebabkan efek tertentu. Lebih parah lagi, beberapa makanan bahkan bisa membahayakan kesehatan organ tubuh, salah satunya jantung.

Makanan berlemak yang punya kolesterol tinggi contohnya, itu bisa menjadi penyumbang utama sakit jantung. Salah satu cara untuk menghindari hal tersebut bisa dimulai dengan mengganti menu sarapan.

Merangkum livestrong.com (05/12), ada beberapa sarapan yang sebaiknya dihindari agar terhindar dari risiko penyakit jantung, seperti 5 makanan ini.

1. Daging Olahan Seperti Sosis

Cara memilih sosis halalDaging sosis atau daging olahan lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi untuk sarapan karena daging olahan seperti ini penuh dengan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol jahat. Foto: iStock

Tak butuh waktu lama untuk menyiapkan menu sarapan yang berbahan dasar sosis, bacon, daging smoked beef, maupun kornet. Ini karena daging tersebut biasanya sudah dikemas sebagai makanan beku yang proses masaknya hanya perlu dipanaskan kembali atau digoreng sebentar.

Meskipun menjadi pilihan menu sarapan yang mudah dan praktis, tetapi menu sarapan seperti ini sebaiknya dihindari karena mengandung banyak lemak jenuh. Jika tubuh mendapat banyak asupan lemak jenuh, ini menyebabkan peningkatan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh dan meningkatkan risiko penyumbatan arteri hingga beberapa penyakit kronis.

Terlebih, daging olahan seperti ini juga ditambah pengawet yang bisa mengganggu kesehatan dan kekebalan tubuh.

2. Pastry

7 Kafe Hits di Canggu yang Punya Pastry dan Racikan Kopi EnakPastry seperti croissant rupanya juga tidak baik untuk menu sarapan karena mengandung gula dan lemak tak jenuh yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Foto: Instagram

Banyak orang memilih sarapan dengan menu ringan. Selain roti biasa, sebagian orang juga menikmati menu sarapan berupa pastry, seperti croissant.

Meskipun menu ini ringan untuk dijadikan makanan sarapan, tetapi konsumsinya tidak begitu baik bagi kesehatan jantung dalam jangka panjang.

Pastry mengandung lemak jenuh, gula rafinasi, dan ada sebagian yang menggunakan bahan kimia yang bisa menyebabkan peradangan dalam tubuh, ujar Kylene Bogden, RDN, co-founder dari FWDfuel.

Seiring dengan berjalannya waktu, peradangan tersebut secara perlahan bisa merusak arteri pembuluh darah hingga menyebabkan penyakit jantung.



Simak Video "Pabrik Tahu Ini Diminati Para Pegowes untuk Sarapan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT