5 Makanan Fermentasi Ini Bikin Jantung Sehat, Rasanya Enak!

ADVERTISEMENT

5 Makanan Fermentasi Ini Bikin Jantung Sehat, Rasanya Enak!

Atiqa Rana - detikFood
Selasa, 13 Des 2022 07:00 WIB
Makanan Fermentasi di Berbagai Negara
Foto: iStock/Ist
Jakarta -

Makanan fermentasi dikenal punya manfaat bagi kesehatan usus. Ternyata, ada juga beberapa makanan fermentasi yang bisa menyehatkan jantung seperti 5 makanan ini.

Makanan fermentasi diolah bersama bakteri baik yang selama prosesnya, bakteri alami itu akan memakan gula dan pati yang ada dalam makanan yang menghasilkan asam atau alkohol.

Proses fermentasi tak hanya meningkatkan umur makanan, tetapi juga meningkatkan nilai nutrisi mereka mulai dari vitamin C, vitamin B, asam lemak omega-3, hingga beberapa jenis probiotik seperti Lactobacillus yang dapat meningkatkan pencernaan dan kesehatan usus.

Namun, makanan fermentasi bukan hanya memberikan manfaat baik bagi usus, tetapi sekaligus bisa menyehatkan organ tubuh lain seperti jantung.

Ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Merangkum healthline.com (13/12/2021), berikut 5 makanan fermentasi tersebut:

1. Tempe

Tempe adalah salah satu makanan populer di Indonesia. Konsumsi sumber protein nabati ini juga mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk penyakit jantung hingga kolesterol.

Tempe merupakan makanan yang dibuat dari kedelai yang dimasak dan difermentasi secara alami, kemudian dibentuk menjadi padat.

Sebuah ulasan yang dilakukan terhadap lebih dari 40 penelitian mencatat bahwa mereka yang makan 25 gram protein kedelai selama 6 minggu, mampu menurunkan kolesterol LDL (Low density lipoprotein) atau kolesterol jahat sebanyak 2,8% dari total kolesterol.

Penelitian juga menemukan bahwa tempe mengandung senyawa yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan ini bisa mengurangi penumpukan radikal bebas yang jika dibiarkan bisa menyebabkan penyakit kronis.

2. Natto

Makanan Fermentasi di Berbagai NegaraMeskipun punya aroma tak sedap, tetapi natto menjadi makanan fermentasi yang bisa bantu mengurangi tekanan darah. Foto: iStock/Ist

Belum lama ini natto viral di kalangan banyak orang. Makanan fermentasi asal Jepang ini diolah mirip seperti tempe. Terbuat dari kedelai yang difermentasi membuat nato memiliki aroma kuat dan tekstur berlendir.

Meskipun sejumlah masyarakat Indonesia tidak cocok dengan natto karena aroma dan teksturnya, tetapi orang Jepang justru menyukainya. Natto memiliki kemampuan untuk mendukung kesehatan pencernaan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa fermentasi dari natto yang menghasilkan enzim nattokinase dapat membantu mengurangi tekanan darah dan melarutkan penggumpalan darah. Semua hal ini berkontribusi pada kesehatan jantung.



Simak Video "Ini Bahayanya Jika Santan Dipanaskan Berulang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT