5 Bumbu Dapur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami

ADVERTISEMENT

5 Bumbu Dapur yang Ampuh Turunkan Kolesterol Secara Alami

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 09 Des 2022 06:00 WIB
Teh jahe bawang putih
Foto: iStock
Jakarta -

Penyakit kolesterol tinggi kini dialami banyak orang. Sebelum menelan obat, coba atasi dengan cara alami. Konsumsi rutin 5 bumbu dapur ini disebut pakar mampu mengatasinya.

Kolesterol tinggi adalah kondisi dimana seseorang memiliki terlalu banyak zat lemak dalam darah. Kondisi ini dapat menyumbat pembuluh darah sehingga memicu penyakit jantung hingga stroke.

Sebenarnya tak semua kolesterol buruk, ada juga kolesterol baik dalam darah yang justru diperlukan tubuh. Semuanya dipengaruhi oleh gaya hidup dan pola makan.

Jika kamu sudah terlanjur mengidap penyakit kolesterol tinggi, ada cara alami untuk mengatasinya. Beberapa pakar menyebut konsumsi bumbu dapur dan rempah ini bisa jadi solusi meski tidak bisa dijadikan patokan apalagi pengganti obat. Konsultasi ke dokter tetap dianjurkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah 5 bumbu dapur yang ampuh turunkan kolesterol secara alami:

1. Kayu manis

Manfaat Racikan Air Kayu Manis Bisa Menjaga ImunitasFoto: Getty Images/iStockphoto

Sejak lama kayu manis dipercaya bagus untuk kesehatan, termasuk mengatasi penyakit kolesterol tinggi. Rempah kaya khasiat ini dipakai dalam banyak hidangan untuk memberi aroma wangi dan rasa khas.

Mengutip Medical News Today, tinjauan penelitian tahun 2021 pada beberapa studi mengenai efek kayu manis dan kolesterol menemukan, konsumsi kayu manis bantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh di kalangan orang-orang dengan diabetes, sindrom metabolik, dan penyakit liver.

Peneliti juga mencatat dalam sebuah penelitian dengan partisipan sehat, kadar kolesterol jahat (LDL) mereka turun dalam 3 bulan setelah diberi kayu manis. Namun kadar kolesterol baik (HDL) tidak membaik.

Namun semua klaim kayu manis dapat menurunkan kolesterol tinggi belum bisa dipastikan benar karena butuh penelitian menyeluruh. Pasalnya ada juga penelitian yang mengungkap konsumsi kayu manis tak berefek apapun pada kolesterol tinggi.

2. Jahe

Jahe disebut bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi. Hal ini dibuktikan melalui penelitian pada tahun 2018. Partisipan dengan penyakit kolesterol tinggi yang mengonsumsi 5 gram jahe mentah tiap hari selama 3 bulan, alami penurunan kadar kolesterol jahat.

Jahe bekerja dengan cara mengaktifkan enzim dari peningkatan kinerja kolesterol. Selain itu kandungan gingerol pada jahe juga ampuh mencegah penggumpalan darah dan melancarkan aliran darah. Jahe bisa dikonsumsi dalam banyak cara seperti ditambahkan dalam masakan atau dibuat wedang.

3. Cabe

Kombinasi Hebat! Makan Jahe dan Cabai Punya 5 Manfaat Sehat IniFoto: Getty Images/iStockphoto/Stefan Tomic

Siapa sangka cabe juga termasuk bumbu dapur yang ampuh turunkan kolesterol secara alami? Cabe mengandung capsaicin, zat pemberi rasa pedas yang juga punya segudang manfaat sehat.

Mengutip Medical News Today, penelitian tahun 2022 melihat efek capsaicin pada kolesterol. Peneliti menemukan 8 dari 9 studi soal capsaicin mengungkap manfaat zat ini dalam mengurangi kadar kolesterol jahat pada orang-orang dengan sindrom metabolik.

Meski begitu, peneliti juga menemukan, 8 dari 9 studi itu mengungkap capsaicin tidak mempengaruhi jumlah kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Capsaicin juga terkandung pada paprika. Mengonsumsinya bisa dengan cara menambahkannya ke masakan utama sehari-hari.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Sensasi Makan Ayam Rempah di Kaki Gunung Semeru"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT