Jangan Dibuang! 5 Kulit dan Biji Buah Ini Bisa Dimanfaatkan

ADVERTISEMENT

Jangan Dibuang! 5 Kulit dan Biji Buah Ini Bisa Dimanfaatkan

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 07 Des 2022 05:00 WIB
cara benar mengupas buah dan sayuran
Foto: Istimewa
Jakarta -

Setelah memotong buah maupun sayuran, seringkali bagian tertentu seperti kulitnya langsung dibuang. Padahal, beberapa bagian itu bisa dimanfaatkan seperti 5 bagian sisa ini.

Dibutuhkan beberapa bahan untuk melengkapi rasa suatu masakan. Ada beberapa masakan yang membutuhkan bahan pelengkap seperti sayuran bahkan buah-buahan. Biasanya sayuran maupun buah itu dipotong dan dibersihkan dengan membuang kulit dan batangnya.

Sebenarnya membuang bagian-bagian tersebut bisa sangat disayangkan karena beberapa bagian sebenarnya mengandung lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Sekalipun bagian-bagian ini sudah dipotong atau dibersihkan, sebaiknya jangan langsung dibuang. Karena ada beberapa bagian makanan yang sebenarnya bisa dimanfaatkan kembali. Seperti 5 bagian pada makanan ini, yang dirangkum dari boldsky.com (03/12).

1. Kulit Kentang

manfaat kulit kentangKulit kentang lebih baik tidak dikupas karena kulit ini mengandung beberapa nutrisi termasuk kalsium, vitamin b, hingga zat besi. Foto: Getty Images/iStockphoto

Beberapa masakan banyak menggunakan kentang sebagai bahan utama. Namun kebanyakan orang lebih memilih untuk mengupas kulitnya.

Sebenarnya, kulit kentang punya manfaat bagi kesehatan. Kulit kentang mengandung kurang lebih setengah serat pada kentang, sekaligus kalsium, vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, dan masih banyak lagi.

Namun sebelum memasak kentang dengan kulitnya, perhatikan juga proses mengolahnya. Pastikan untuk mencuci kentang dengan kulit lalu direndam dalam air hangat sebelum dimasak.

Kentang dengan kulit ini bisa dijadikan hidangan seperti kentang panggang maupun kentang kulit renyah.

2. Daun dan Batang Brokoli

Jika ingin membuat brokoli tumis, biasanya bagian daun dan batang akan dibuang. Namun daun brokoli itu sebenarnya punya kandungan yang baik untuk kesehatan.

Daun brokoli mengandung karotenoid yang menyediakan vitamin A hingga dapat membantu mencegah timbulnya kanker.

Daun dan batang brokoli ini juga bisa diolah menjadi campuran dalam sup, jus, bahkan bisa juga digoreng dengan tambahan sedikit tepung dan bumbu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT